spot_img
Thursday, June 20, 2024
spot_img

MTs Almaarif 01 Singosari

Gelar Persami, Upaya Wujudkan SDM Profesional

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Memperingati Hari Pramuka ke – 62, MTs Almaarif 01 Singosari menggelar kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami), pada 12 Agustus 2023 lalu.

Kegiatan yang digelar di Halaman Kampus Selatan Yayasan Pendidikan Almaarif Singosari tersebut, diikuti oleh 80 siswa dari kelas 7 sampai 9.

Kepala MTs Almaarif Singosari, Dwi Retno Palupi, M.PD mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan guna melatih jiwa pramuka pada anak didiknya. Palupi berharap, para siswa mampu membangun citra positif Gerakan Pramuka ke depan. Dengan mempersiapkan diri sebagai sumber daya manusia yang profesional dan proporsional.

“Persami ini diharapkan bisa mendidik para siswa melakukan hal-hal positif sesuai dengan norma yang berlaku. Serta menyiapkan mental yang kuat dan kokoh untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucap Palupi.

Sesuai dengan tema Hari Pramuka ke-62 tahun 2023 adalah “Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional”. Para siswa diajak untuk lebih aktif dalam melakukan kegiatan.

Para siswa juga diajak untuk membangun kepedulian terhadap sesama dan saling bekerja sama seperti mendirikan tenda, membuat yel-yel setiap tim dan kegiatan pramuka lainnya.

Disamping itu, para siswa juga diajak untuk tadabur alam sebagai bentuk rasa syukur terhadap Allah SWT atas segala ciptaan-Nya dengan cara, mengenal alam sekitar, membaca Al-Quran  bersama dan mengerjakan aktivitas ibadah. Sekaligus menyalakan api unggun.

“Dengan tadabur alam, diharapkan para siswa bisa meningkatkan kepasrahan diri kepada Allah SWT. Untuk mendapat kualitas ibadah yang baik, maka diperlukan sebuah proses perenungan yang menyeluruh pada setiap ibadah yang dijalankan,” ucap Palupi

Palupi juga menyampaikan, lewat Persami  bisa mendidik para siswa  secara profesional. Dalam hal ini berkualitas, berketerampilan, berpengetahuan, dan bergairah dalam belajar.

“Kami berpesan kepada siswa, sekaligus sebagai Praja Muda Karana yang mempunyai kewajiban untuk mengabdi, berbakti, dan bermanfaat bagi nusa, bangsa, dan agama,” tuturnya.

Menurut Palupi, sebagai anggota pramuka ada tiga poin penting yang bisa dilakukan. Diantaranya, merealisasikan nilai-nilai Dasa Darma pada kehidupan, menjadi manusia yang bermanfaat bagi lingkungan baik di keluarga, sekolah, dan juga masyarakat, serta Menjadi pribadi yang peduli pada sesama. “Ketiga poin itu bisa memberi dampak yang besar jika seluruh anggota Pramuka di seluruh nusantara punya semangat dan tujuan yang sama. Dalam hal ini mengabdi kepada Ibu Pertiwi,” pungkasnya. (hud/sir/imm)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img