spot_img
spot_img
Sunday, April 14, 2024
spot_img
spot_img

Gempita Ramadan 1445 H, MIN 1 Kota Malang; Tebar Ribuan Takjil dan Zakat Fitrah

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Malang kembali menebar berkah. Ribuan takjil buka puasa kembali disebar gratis di Bulan Ramadan 1445 Hijriah tahun ini. Guru dan siswa mengantar langsung kepada berbagai instansi pemerintah maupun swasta, masjid, panti asuhan dan sebagainya.

“Ada ribuan paket takjil yang kami tebar ke masyarakat. Selain ke instansi dan lembaga, juga kami berikan ke pengguna Jalan Bandung selama dua hari. Kami melibatkan siswa dalam kegiatan ini,” ucap Kepala MIN1 Kota Malang, Hj. Siti Aisah, S.Ag., M.Pd saat ditemui Malang Posco Media, beberapa waktu lalu.

Ribuan pengguna Jalan Bandung tampak antri dengan tertib saat menerima takjil gratis dari MIN 1 Kota Malang. Kegiatan sosial ini juga diiringi penampilan siswa di panggung. Ada panggung kecil di sisi kiri Jalan Bandung. Tepat di sebelah gerbang madrasah. Disitu siswa menampilkan salawat dan lagu-lagu Islami.

“Kami juga mengirimkan takjil ke madrasah-madrasah binaan MIN 1 Kota Malang, masjid Kantor Kemenag Kota, beberapa panti asuhan dan instansi rekanan kami,” ucap Aisah.

Selain bagi takjil buka puasa, Gempita Ramadan MIN1 Kota Malang juga menghimpun zakat fitrah siswa, guru dan orang tua. Ribuan zakat fitrah dan bingkisan ramadan juga siap disalurkan. Rencananya zakat fitrah akan disalurkan Senin (1/4) hari ini.

“Kami punya badan zakat sendiri. Namanya Unit Pelayanan Zakat MIN 1 Kota Malang yang sudah diresmikan Baznas. Tanggal 1 April kita akan tasharrufkan zakat kepada mereka yang berhak menerima,” ungkapnya.

Aisah menerangkan, melalui kegiatan bagi takjil dan penyaluran zakat fitrah, ada nilai-nilai pembelajaran penting yang ditanamkan pada anak didiknya. Guru memberikan pengalaman langsung pelajaran zakat, infak dan sedekah.

“Dari situ anak-anak mengerti arti dari berbagi. Akan ada empati dalam diri mereka kepada orang lain. Selain tentunya kita menjalankan perintah sebagai bagian dari syariat Islam,” terang Aisah.

Dia pun berharap Gempita Ramadan MIN 1 Kota Malang yang sarat akan makna religi dan sosial, memberikan berkah sendiri untuk kemajuan madrasah ini. “Semoga keberkahan tersebut seiring dengan majunya MIN 1 Kota Malang menjadi lebih baik,” harapnya.

Gempita Ramadan 1445 H MIN 1 Kota Malang diawali dengan pawai ramadan menjelaskan Bulan Puasa beberapa waktu lalu. Kegiatan ini dilaksanakan terpadu bersama madrasah-madrasah yang ada di Jalan Bandung.

“Lebih dari 3000 siswa ikut memeriahkan pawai menyambut ramadan. Kegiatan ini sebagai bentuk syiar kami. Setelah pawai ada penguatan rohani guru dan karyawan. Agenda ini akan berlanjut ke Halal Bi Halal di Bulan Syawal nanti,” pungkasnya. (imm)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img