spot_img
Monday, July 15, 2024
spot_img

Gencarkan Sosialisasi; KPU Target Pemilih Pilkada Tetap Tinggi

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, KOTA MALANG-KPU Kota Malang pastikan memaksimalkan sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada. Apalagi sebelumnya partisipasi pemilih di Kota Malang terbilang tinggi.


Hal itu diungkapkan Ketua KPU Kota Malang Muhammad Toyib usai audiensi dengan Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika SE MM di gedung dewan, Selasa (9/7) kemarin. Saat audiensi, hadir pula komisioner KPU lainnya, yakni Ali Akbar, Fitria Yuliani, Kostantinus Naranlele dan Nur El Fathi. Jajaran sekteriat KPU Kota Malang juga ikut dalam kegiatan tersebut.


“Hari ini kami silaturahmi, juga membahas berbagai persiapan Pilkada Kota Malang,” kata Toyib usai berdialog dengan Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika SE MM.
Salah satu persiapan, lanjut Toyib, yakni sosialisasi yang kini terus dilakukan pihaknya. Usai launching Tahapan Pilkada Kota Malang bebe­rapa waktu lalu, berbagai program sosialisasi digencarkan.
Di antaranya melalui sosialisasi segmentasi di masyarakat. Salah satunya yakni pemilih pemula. Menurut Toyib, jumlah pemilih pemula di Kota Malang sekitar 40 persen.


Sementara itu target partisipasi pemilih Pilkada 2024 di atas 82 persen. Pada Pemilu 14 Februari lalu, partisipasi pemilih di Kota Malang mencapai 82 persen. Sedangkan partisipasi pemilih Pemilu 2019 lalu 78 persen. Artinya terdapat kenaikan jumlah partisipasi pemilu di Kota Malang.


Persiapan lain yang sedang ber­langsung saat ini yakni verifikasi administrasi pencalonan perse­orangan. “Coklit juga sedang ber­langsung. Sampai saat ini coklit sudah mencapai 71 persen,” jelsanya.


Toyib berharap Pilkada Kota Malang berjalan lancar dan damai sesuai tagline yang diusung. Yakni Pilkada Kota Malang integritas dan harmoni.
Sementara itu, Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kar­tika SE MM berharap KPU terus me­ningkatkan sosialisasi Pilkada. Se­hingga partisipasi pemilih ma­kin meningkat. “Kami juga ber­ha­rap KPU Kota Malang optimal men­jalankan tugasnya sebagai penyelengara Pemilu, dalam hal ini Pilkada Kota Malang,” harap Made.


Sehingga lanjut dia, pelaksanaan Pilkada Kota Malang berlangsung lancar, damai dan demokratis. Made optimis KPU bisa menjalankan tugas kepemiluan secara maksimal dan menjunjung tinggi netralitas. (van)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img