spot_img
Monday, July 22, 2024
spot_img

Gubernur Khofifah: Kepala Daerah Carilah Inovasi Agar PAD Naik

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malng Posco Media, SIDOARJO – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa minta jajaran Pemprov maupun kabupaten/kota se – Jatim mengoptimalkan pendapatan asli daerah (PAD). Sehingga kemandirian fiskal dapat segera diwujudkan.

“Kepala daerah harus terus mencari terobosan, inovasi, kreasi, supaya pendapatannya naik,” ungkap Khofifah saat membeti sambutan pada forum Komunikasi Stakeholders dengan tema “Peran BPK RI Dalam Mendorong Kemandirian Fiskal di Daerah” di BPK Jatim, Kabupaten Sidoarjo, Selasa (22/2).

- Advertisement -

Lebih jauh, Khofifah menerangkan, salah satu inovasi yang bisa dilakukan adalah peningkatan mutu layanan masyarakat.

Menurutnya, penyederhanaan birokrasi bisa menjadi langkah konkret dalam peningkatan PAD.

“Inovasi terdekat yang bisa kita lakukan adalah kualitas public service yang bisa kita tawarkan. Saya selalu bilang bahwa digitalisasi sistem merupakan suatu keniscayaan. Digitalisasi sistem bisa mengikis rumitnya birokrasi kita,” ucapnya.

Dicontohkan dia, selain Pemprov Jatim saat ini Kota Surabaya yang menjadi satu-satunya daerah tingkat dua di Jatim yang telah mencapai kemandirian fiskal.

Di Jawa Timur saat ini tercatat empat daerah menuju mandiri yaitu Kabupaten Gresik, Kabupaten Sidoarjo, Kota Malang dan Kabupaten Mojokerto.

“Alhamdulillah, di Jatim kita sudah punya role model sendiri, yakni Pemprov Jatim dan Kota Surabaya. Saya sangat mengapresiasi capaian ini. Sedangkan untuk kab/kota lain, kita bisa langsung mencontoh dari apa yang Pemkot Surabaya lakukan,” tutupnya. (has)

- Advertisement -spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img