spot_img
Saturday, June 22, 2024
spot_img

Guncangan Gempa Tuban Juga Terasa Hingga di Malang

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – Gempa bumi dengan magnitudo 6 di Kota Tuban, Jawa Timur, Jumat siang ini  sekitar pukul 11.22 WIB juga dirasakan warga di Malang dan Surabaya. Selain itu, juga ada beberapa wilayah lain yang  merasakan yakni  Bawean, Jepara, Tuban, Lamongan, Bojonegoro, Kudus, Blora, Pekalongan, Nganjuk, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Sidoarjo, Madiun, Pasuruan,  Semarang dan  Yogyakarta.

Di  Malang, terjadinya gempa selama sekitar 10 menit ini juga menjadi pembicaraan di sejumlah grup percakapan.”Waduh, baru terjadi lindu (gempa,red). Semoga tidak terjadi bencana,’’  tulis beberapa status dalam berbagai grup  percakapan WhatsApp (WA).

Hal serupa terjadi di Surabaya.  Sebagian warga harus keluar dari ruangan kantor untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satunya seperti yang dirasakan oleh salah satu karyawan di Ruko Este Square, Merr Surabaya, Yani Hirmawati, yang merasakan getaran dua kali di dalam kantornya.

“Dua kali getaran sangat terasa kencang, meja kerjaku sampai bergetar dan goyang-goyang. Ini sebagian karyawan yang bekerja di ruko ini juga keluar dari kantor,” katanya.

Ia mengatakan getaran tersebut membuat seluruh karyawan isi kantornya keluar khawatir akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.”Langsung keluar ruangan kantor,” ucapnya.
Hal yang sama juga disampaikan oleh Wida, salah satu karyawan di Jalan Yos Sudarso, Surabaya, yang mengaku jika getaran gempa tersebut sangat kencang terasa.

 Dari informasi melalui laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan jika gempa tersebut terjadi pada pukul 11.22 WIB dengan magnitudo  6,0  pada 132 kilometer timur Laut Tuban, Jawa Timur. BMKG belum melaporkan secara rinci terkait dengan pemicu dan dampak yang ditimbulkan gempa itu terhadap masyarakat.

Untuk itu masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, sampai dengan hasil analisa peristiwa menyeluruh dilaporkan oleh BMKG.

Hasil analisa tersebut bisa didapatkan masyarakat dengan cara mengakses aplikasi daring infoBMKG, media sosial infoBMKG, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. (ntr/nug)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img