spot_img
Thursday, February 22, 2024
spot_img

Gunung Lewotobi di NTT Kembali Meletus, Waspadai Potensi Banjir Lahar Dingin

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media, Jakarta – Gunung Lewetobi Laki-laki di Flores NTT kembali meletus dan melontarkan abu vulkanik setinggi lebih kurang 1.500 meter dari pusat kawah,Kamis (18/1) pagi ini.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki Herman Yosef mengatakan, letusan itu terjadi pagi ini pukul 08.23 WITA dengan kolom abu mengarah ke utara dan timur laut.

“Saat laporan ini dibuat erupsi masih berlangsung,” kata Herman. Ditambahkan, sejak 9 Januari 2024 pukul 23.00 WITA Gunung Lewotobi Laki-laki resmi menyandang status Level IV atau Awas. Level IV merupakan status tertinggi gunung api yang mengindikasikan erupsi atau letusan dapat mengancam pemukiman di sekitar gunung api tersebut.

PVMBG merekomendasikan masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-laki untuk tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius 5 kilometer dari pusat erupsi dan sektoral 6 kilometer ke arah utara serta timur laut.

Selain itu masyarakat diminta agar tenang dan mengikuti arahan pemerintah daerah serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya.

Jika terjadi erupsi dan hujan abu, kata dia, masyarakat dihimbau untuk tetap berada di dalam rumah dan apabila berada di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker) dan mata (kaca mata).

Potensi banjir lahar dingin juga perlu diwaspadai oleh masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-laki terutama pada sungai-sungai yang berhulu di puncak gunung jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi. (ntr/nug)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img