spot_img
Monday, July 15, 2024
spot_img

Guru dan Tenaga Pendidik SMK PIM Ikuti UKBI Adaptif

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Dalam rangka penyetaraan Bahasa Indonesia agar sejajar dengan bahasa-bahasa besar di dunia, SMK Putra Indonesia Malang (PIM) menggelar kegiatan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif, bulan Mei 2024.

Kegiatan ini diikuti seluruh guru dan tenaga kependidikan (GTK) SMK PIM yang digelar di laboratorium bahasa dan laboratorium komputer. UKBI Adaptif itu sendiri memiliki fungsi yang sangat strategis.

Tidak hanya untuk meningkatkan kualitas bahasa Indonesia serta penggunaan dan pengajarannya, tetapi juga untuk memupuk sikap positif dan rasa bangga masyarakat terhadap bahasa Indonesia.

Serangkaian persiapan telah dilakukan. Mulai dari mengunjungi Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur untuk berdiskusi tentang pengarahan pendaftaran secara kolektif serta mengundang dari pihak balai bahasa datang ke sekolah untuk menyampaikan bagaimana teknis simulasi dan pelaksanaan UKBI secara serentak.

Dewi Sulistyaningsih, S.P, Ketua Pelaksana kegiatan yang juga Kepala Perpustakaan SMK PIM menyampaikan, sebelum melaksanakan UKBI perlu simulasi terlebih dahulu dengan tujuan peserta dapat mengenal bentuk soal, memahami sistem pengujian, dan mendapatkan pengalaman UKBI Adaptif secara menyeluruh.

“Simulasi UKBI terdiri atas tiga seksi, yaitu Seksi I (Mendengarkan), Seksi II (Merespons Kaidah), dan Seksi III (Membaca),” ucapnya. Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa hasil UKBI adaptif peserta ujian dipetakan ke dalam tujuh peringkat.

Mulai dari yang tertinggi ke yang terendah. Yakni Istimewa, Sangat Unggul, Unggul, Madya, Semenjana, Marginal, dan Terbatas. Novi Susanti, S.Pd, bagian tim literasi numerasi dan pengembangan bahasa menegaskan manfaat dari kegiatan UKBI adaptif.

“Selain mendapatkan sertifikat, para tenaga pendidik SMK PIM dapat mengukur kemampuan berbahasa Indonesia, dapat mengembangkan kemampuan berbahasa Indonesia. Melalui kegiatan UKBI adaptif secara tidak langsung dapat menilai literasi kita masing – masing yang menjadi pondasi penting saat berkomunikasi,” terangnya.

SMK Putra Indonesia Malang (PIM) membuka Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun pelajaran 2024/2025 hingga 9 juli 2024. Hanya dengan Rp. 4.500.000 dapatkan free pelatihan dan sertifikasi senilai Rp 15.000.000. segera daftar langsung ke Jalan Barito No 5 Malang atau daftar secara online di www.smkpim.sch.id.  (mar)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img