MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Perkembangan dunia digital menjadi potensi tersendiri untuk meningkatkan peluang usaha bagi masyarakat. Hal itu seperti tercermin di salah satu platform perbelanjaan online Shopee, yang menjadi salah satu aplikasi yang digemari masyarakat.
Universitas Wisnuwardhana menggelar e-talkshow bersama Kampus UMKM Shopee, Sabtu (23/4), menghadirkan praktisi dibidangnya secara langsung, e-talkshow yang bertajuk ‘Digital Marketing Jaman Now’.
Diharap memberi wawasan yang luas kepada para mahasiswa, betapa potensialnya penjualan dalam platform online. “Ini pengetahuan karena dalam kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka, itu mahasiswa tidak hanya dituntut belajar di kampus saja,” tegas Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wisnuwardhana Malang Dr. Endang Sungkowati M.Si.
“Tapi mereka juga harus mampu untuk mandiri juga harus belajar di luar kampus,” lanjutnya saat membuka e-talkshow. Dalam e-talkshow itu, hadir secara langsung narasumber dari Kampus UMKM Shopee yakni Gunawan Prianto.
Kampus UMKM Shopee merupakan sebuah wadah untuk komunitas penjual Shoppe untuk meningkatkan penjualan hingga naik level hingga pasar internasional.
Dijelaskan Gunawan, bercermin ketika terjadinya pandemi, penjualan online telah mengalahkan transaksi penjualan secara offline di Indonesia. Terlebih banyak kemudahan yang ditawarkan di dalam aplikasinya itu sendiri.
“Keunggulan menggunakan online, pertama menjangkau pembeli baru. Sampai sekarang traffic terbukti naik terus. Kemudian mendapatkan pendapatan baru. Kemudian distribusi luas dengan jasa kirim. Lalu fleksibel dan cocok bagi semua kalangan. Tidak ada waktu mengikat bahkan sampai 24 jam bisa,” beber Gunawan.
Shopee juga memberikan berbagai program dan fasilitas untuk pengembangan UMKM. Sebut saja seperti gratis ongkir, berbagai macam jasa kirim, berbagai macam metode pembayaran, penggunaan aplikasi mudah dan terupdate hingga program ekspor ke tujuh negara.
Senada, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wisnuwardhana Roy Anugrah S.E M.Bus pun juga menilai bahwa marketing melalui platform digital sangat penting dan mempunyai banyak keunggulan. Misalnya seperti tidak adanya biaya buka toko, layanan bisa 24 jam hingga kemudahan penjualan barang.
“Penghasilannya cukup lumayan untuk pendapatannya. Disini saya ngepush mahasiswa saya, selama berkuliah di unidha kita bisa langsung berdiskusi terkait hal itu,” ujar Roy.
Sementara, Miya Ayu Nugraha, salah satu mahasiswa yang juga merupakan pelaku usaha di Shopee mengaku sangat terbantu saat berjualan secara online. Kini omzetnya setidaknya sudah lebih dari Rp 3 juta per bulan.
“Di Shopee sangat membantu usaha awal dan awam serta tidak banyak modal. Saya bisa menjual produk saya dan Shopee menawarkan berbagai unggulan, diantaranya upload produk tanpa biaya, hingga voucher gratis ongkir,” tandasnya. (ian/mar)