spot_img
Tuesday, May 21, 2024
spot_img

Halal Bihalal Politeknik Negeri Malang; Direktur Polinema Berangkatkan Lima Jamaah Haji

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Halal Bi Halal Politeknik Negeri Malang (Polinema) menjadi lebih bermakna. Selasa (16/5) kemarin, acara yang digelar di Gedung Graha Polinema tersebut juga menjadi momentum pelepasan jamaah haji Polinema. Mereka dilepas secara simbolis oleh Direktur Polinema, Supriatna Adhisuwignjo, ST., MT.

“Semoga perjalanan ibadah ke Tanah Suci ini lancar dan menjadi haji yang mabrur. Juga memberikan berkah untuk kemajuan Polinema,” ucapnya saat sambutan.

Supriatna Adhisuwignjo juga mendoakan seluruh civitas akademika Polinema mendapat kesempatan dan ditakdirkan untuk ibadah haji. Usai sambutan ia memberikan cenderamata kepada lima jamaah haji Polinema.

Dalam kesempatan tersebut, Supriatna juga mengingat para civitas akademika untuk selalu bersyukur akan nikmat yang diperoleh selama ini. Dan Halal Bihalal menjadi sebuah momentum untuk saling memaafkan satu sama lain. “Halal bihalal merupakan tradisi yang baik, ini adalah kebiasaan atau local wisdom yang dimiliki bangsa kita,” ucapnya.

Dia berharap, seluruh civitas akademika Polinema mampu berlapang dada dan besar hati untuk memaafkan satu sama lain. Sebab menurutnya, esensi manusia dibagi menjadi dua kategori. Yakni sebagai makhluk individu dan sosial.

Keduanya saling terikat. Sebagai individu, manusia makhluk yang unik. Memiliki kepribadian yang berbeda dari yang lain. Tidak ada yang sama meskipun kembar. “Maka dengan kondisi ini perlu dipahami dan dimaklumi segala kelebihan dan kekurangan dari masing-masing,” kata dia.

Sedangkan sebagai makhluk sosial, lanjut Supriatna, manusia perlu berinteraksi dengan yang lain. Dengan kepribadian dan keunikan masing-masing, manusia dituntut untuk berinteraksi. Maka perlu untuk saling menghargai dan menghormati. “Untuk itu mari kita sama-sama saling memaafkan,” imbuhnya. 

Perbedaan karakter dan kepribadian manusia membawa mereka pada keadaan yang beragam. Dalam interaksi mereka muncul pemahaman, pemikiran dan persepsi yang berbeda. Dan perbedaan tersebut, berpotensi menimbulkan problem.

“Perbedaan merupakan keniscayaan. Kami juga mohon maaf jika ada salah. Karena kita akan terus membutuhkan kebersamaan. Di lingkungan kampus butuh sinergi dan kerjasama,” tegasnya.

Sementara itu, salah satu jamaah haji Polinema yang akan berangkat tahun ini, Herwandi, ST., MT.,  menyampaikan rasa syukurnya. Dia mengatakan keberangkatannya ke Tanah Suci juga berkat dukungan dari Polinema.

“Awalnya saya berangkat tahun 2021, karena pandemi jadi mundur tahun 2024. Alhamdulillah, akhirnya kami bisa berangkat,” ucap Dosen Teknik Elektro ini.

Herwandi juga senang dengan adanya seremonial acara pemberangkatannya. Dia bersama empat dosen yang lain merasa mendapat support yang besar.

“Acara seperti ini dilakukan Polinema setiap tahun. Kami merasa mendapat dukungan dan semakin semangat menjalankan ibadah,” ungkap Herwandi, yang rencananya akan berangkat pertengahan Mei mendatang.

Turut hadir dalam acara Halal Bihalal Pembantu Direktur I Dr. Dra. Kurnia Eka Sari, MM., Ak. CA, Pembantu Direktur II, Jaswadi, SE , Ak., M.Si., DBA, Pembantu Direktur III Dr. Eng. Anggit Murdani, ST., M.Eng dan Pembantu Direktur IV Prof. Ratih Indri Hapsari, ST., MT., Ph.D. (imm)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img