spot_img
Friday, May 24, 2024
spot_img

Hoaks! BI Keluarkan Uang Kertas Emisi Terbaru Bergambar Sri Mulyani

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Berita

Sebuah unggahan di platform TikTok menampilkan foto uang yang diklaim hasil redenominasi, salah satu uang hasil redenominasi tersebut terdapat foto Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

Namun, benarkah  BI keluarkan uang kertas emisi terbaru bergambar Sri Mulyani?

HASIL CEK FAKTA

Dilansir cekfakta.com dari antarnews, Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia pada tahun 2020 kembali membicarakan rencana redenominasi rupiah dan pada rencana tersebut penyederhanaan rupiah dilakukan dengan mengurangi tiga angka nol di belakang, contohnya Rp1.000 hanya menjadi Rp1.

Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 77/PMK.01/2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Keuangan Tahun 2020 hingga 2024. Namun, sampai saat ini belum ada informasi resmi kapan redenominasi rupiah akan diberlakukan.

Pada 2023 lalu, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengaku siap melakukan redenominasi rupiah, namun masih terdapat tiga faktor yang menyebabkan pelaksanaannya belum dilakukan hingga saat ini.

Terkait foto uang hasil redenominasi Rp50 dan Rp100 juga pernah beredar tahun dan telah dibantah oleh Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono. Menurutnya, desain tersebut dipastikan bukan uang resmi yang diedarkan Bank Indonesia.

Gambar uang kertas yang resmi diedarkan Bank Indonesia dapat dilihat dilaman resmi BI.

Klaim: BI keluarkan uang kertas emisi terbaru bergambar Sri Mulyani

Rating: Hoaks

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img