spot_img
Sunday, March 3, 2024
spot_img

Hoaks! Demo di Merauke pada 1 Desember

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – Imbauan bagi masyarakat untuk menghindari kawasan Cikombong, Merauke, tampak beredar di Facebook menjelang 1 Desember.

Adapun, 1 Desember diklaim sebagai tanggal peringatan kemerdekaan Papua Barat oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM). 

Informasi yang juga dibagikan lewat pesan singkat itu mengklaim bahwa akan ada aksi yang diinisiasi OPM di Cikombong, sehingga warga diminta untuk tidak keluar pada waktu tertentu.

“Selamat malam Ijin memberikan informasi untuk kita semua, mulai besok malam sampai tanggal 1 Desember nanti kita semua waspada karena ada demostrasi Organisasi Papua Merdeka maka itu jangan keluar di atas jam 07 malam dan pagi hari jam 04 sampai dengan jam 09 pagi di area kuda mati, Cikombong, Domba dan sekitarnya karena untuk menghindari hal hal yang tidak diinginka, ini demi keamanan kita semua. Terima kasih,” demikian isi keterangan yang dibagikan di Facebook pada 29 November 2023.

Lantas, resmikah informasi demo di Merauke pada 1 Desember itu?

Tangkapan layar narasi berisi hoaks yang menyatakan ada demo di Merauke pada 1 Desember  (Facebook)

Penjelasan:

Humas Polres Merauke telah memastikan kabar demonstrasi Organisasi Papua Merdeka pada tanggal 1 Desember 2023 adalah hoaks.

“Informasi tersebut adalah HOAX atau Tidak Benar,” tulis Humas Polres Merauke dalam pamflet yang diedarkan di Facebook pada Kamis (30/11).

Wakapolres Merauke Kompol Vicki Pandu juga memastikan seruan dalam pesan berantai tersebut adalah hoaks, melansir media nasional berikut.

“Isu itu tidaklah benar, kami dari TNI-POLRI sudah cek itu dan ternyata itu tidak benar, namun informasi yang didapat sekecil apapun tetap kita lakukan langkah antisipasi,” ujar Pandu di Merauke, Kamis (30/11).

Pandu meminta kepada masyarakat agar tidak perlu takut dalam beraktivitas, khususnya menjelang 1 Desember 2023. (ntr/mpm)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img