MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Minat masyarakat untuk berbelanja produk asli daerah kini semakin difasilitasi oleh Hypermart Malang Town Square (Matos). Pihak manajemen menambah section khusus produk-produk nusantara hingga jajanan jadul yang sarat nostalgia.
Store Manager Hypermart Matos, Hendro Rinaldo menjelaskan, langkah ini merupakan upaya nyata untuk memberi ruang lebih luas bagi produk UMKM lokal. Pasalnya, deretan produk yang dipasarkan berasal dari karya warga Malang maupun daerah nusantara lainnya.
“Ada jajan jadul juga. Ini jadi salah satu sarana kami menarik minat pengunjung yang kangen dengan jajan-jajan zaman dahulu. Biasanya suka dengan jajan masa kecil dulu. Ini menjadi daya tarik juga,” papar Hendro kepada Malang Posco Media, kemarin.
Menurutnya, section produk nusantara kini ditambah pada beberapa rak. Di antaranya berisi produk UMKM seperti keripik, cokelat, kerupuk, dan aneka jajanan lainnya. Semua produk itu diambil dari negeri sendiri.
Section khusus tersebut, ditegaskan Hendro, menjadi strategi untuk menarik perhatian pengunjung sekaligus memberi pilihan berbelanja yang mendukung produk lokal UMKM.
“Kami tentu sangat mendukung upaya pemerintah pusat maupun daerah untuk mendongkrak penjualan produk UMKM. Warga juga antusias,” tegasnya.
Salah satu pengunjung Hypermart Matos, Endaryani, mengaku terkejut saat melihat adanya jajanan jadul yang dijual di pusat perbelanjaan modern itu. Perempuan kelahiran tahun 80-an ini langsung memborong cokelat koin, permen karet Yosan, hingga permen susu dan telur cicak.
“Ya ini jajan saya dulu. Di mana lagi sekarang carinya. Saya kaget saja di sini ada, jadi tadi ambil permen-permen cicak sama cokelat-cokelat koin, ada permen Yosan juga. Senang sih,” pungkas warga Kelurahan Bunulrejo itu. (ica/aim)