spot_img
Monday, February 26, 2024
spot_img

Indonesia Takluk dari Jepang, Peluang 16 Besar Bergantung Hasil Bahrain dan Oman

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – Timnas Indonesia harus menyerah dari raksasa Asia Jepang pada laga penutup Grup D Piala Asia 2023 Qatar setelah takluk 1-3 di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu (21/1) malam. Atas kekalahan ini, peluang Indonesia untuk lolos babak 16 besar, bergantung hasil Grup E dan F. Khususnya menanti hasil laga terakhir Bahrain dan Oman, Kamis (25/1).

Indonesia di posisi 4 klasemen peringkat 3 terbaik, tentu berharap Bahrain dan Oman raih kekalahan. Bahrain akan menghadapi Yordania di laga pamungkas grup E, sedangkan Oman lawan Kirgizstan di laga terakhir grup F. Bahrain dengan 3 poin di posisi 3 klasemen peringkat 3 terbaik, unggul selisih gol dari Indonesia. Sedangkan Oman di posisi 5 dengan 1 poin.

Klasemen Sementara Peringkat 3 Terbaik Piala Asia 2023

1. Palestina (C): Main 3, Menang 1, Seri 1, Kalah 1, Poin 4, Selisih Gol 0 (5-5)

2. Suriah (B): Main 3, Menang 1, Seri 1, Kalah 1, Poin 4, Selisih Gol 0 (1-1)

3. Bahrain (E); Main 2, Menang 1, Seri 0, Kalah 1, Poin 3, Selisih Gol -1 (2-3)

4. Indonesia (D): Main 3, Menang 1, Seri 0, Kalah 3, Poin 3, Selisih Gol -3 (3-6)

5. Oman (F): Main 2, Menang 0, Seri 1, Kalah 1, Poin 1, Selisih Gol -1 (1-2)

Khusus Bahrain yang memiliki selisih gol lebih baik, Indonesia akan berharap Bahrain bisa dikalahkan Yordania dengan banyak gol. Minimal dengan kalah selisih 3 gol, Indonesia punya peluang mengegser posisi Bahrain. Meski cukup kecil peluang untuk Bahrain kalah hingga 3-0, menyusul di Grup E, kekuatannya berimbang dengan Yordania.

Bahkan Bahrain masih punya peluang lolos sebagai juara grup E jika mampu mengalahkan Yordania dan di pertandingan lainnya Korea Selatan hanya bermain imbang atau justru kalah dari Malaysia. Laga terakhir di grup E masih cukup sengit, sehingga berharap Bahrain kalah telak, adalah kecil peluangnya. Minimal Bahrain bisa raih imbang, mengemas 4 poin.

Jika tak bisa berharap pada Bahrain, peluang terakhir Indonesia untuk melaju ke babak 16 besar adalah berharap Oman raih hasil imbang atau kalah lawan Kirgizstan. Secara kualitas di grup F, Kirgizstan yang sudah dua kali menelan kekalahan adalah tim paling lemah. Sehingga peluang Oman kalah dari Kirgizstan sebenarnya cukup tipis. Apalagi Oman pastinya mengincar lolos 16 besar.

Kemenangan Oman atas Kirgizstan, akan mengantarkan Oman lolos ke babak 16 besar. Bisa melalui posisi 3 terbaik, bahkan mungkin menggeser Thiland di posisi runner up grup F. Khususnya jika Thailand kalah dengan banyak gol dari Arab Saudi. Artinya Oman bakal tampil mati-matian untuk bisa menang besar dengan mengincar runner up dan langsung lolos 16 besar.

Bagaimana jika Oman kalah dari Kirgizstan? Maka Kirgizstan dengan 3 poin akan dihitung selisih gol dan produktivitas golnya dengan Indonesia. Jika Kirgizstan menang 1-0, maka Indonesia yang lolos 16 besar karena produktivitas gol lebih baik. Jika Jika Kirgizstan menang 2-0, Indonesia gagal melaju, karena kalah selisih gol.

Untuk itu, Indonesia menunggu keajaiban, Oman vs Kirgizstan berakhir imbang. Atau Kirgizstan menang tipis 1-0 atas Oman.  Demikian peluang untuk Indonesia lolos 16 besar Piala Asia 2023 melalui peringkat 3 terbaik, menyusul kekalahan 1-3 dari Jepang.  

Pada laga Indonesia vs Jepang tersebut, Ayase Ueda menjadi pencetak dua gol Jepang pada menit ke-5 dan ke-54, satu gol tambahan didapat dari gol bunuh diri Justin Hubner pada menit ke-88. Sedangkan satu gol Indonesia diciptakan oleh Sandy Walsh pada menit ke-90+1.

Indonesia tidak mengawali laga dengan baik saat pertandingan baru berjalan, Jepang mencetak gol melalui penalti dingin Ayase Ueda pada menit ke-5. Gol ini bermula dari Jordi Amat yang melakukan kontak kecil dengan Ueda yang membuat sang pemain terjatuh di kotak penalti.

Wasit asal Bahrain yang memimpin laga, Khamis Mohamed Al-Marri mulanya tidak tertarik pada insiden tersebut. Namun, beberapa saat kemudian ia memutuskan memberikan penalti untuk Jepang setelah melihat Video Assistant Referee (VAR).

Ueda yang menjadi algojo penalti pun tak menyia-nyiakan kesempatan untuk membawa Samurai Biru unggul cepat, walaupun Ernando Ari menebak arah bola dengan tepat. Setelahnya, Jepang menguasai jalannya laga dengan terus menggempur pertahanan Indonesia hingga babak pertama usai, skor 0-1 untuk keunggulan Jepang.

Memasuki babak kedua, enam menit laga berjalan, Jepang menggandakan keunggulan setelah Ueda mencetak gol keduanya. Striker Feyenoord itu kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah mendapatkan umpan datar dari Ritsu Doan yang diawali situasi serangan balik.

Situasi serangan balik kembali menghantui Indonesia. Satu menit setelah kebobolan gol kedua, pasukan STY hampir kebobolan gol ketiga. Beruntung, tendangan Doan yang terbebas dari kawalan masih menyamping tipis.

Doan lalu kembali menjadi momok bagi Indonesia. Pemain SC Freiburg itu sekali lagi hampir mencetak gol apabila tendangannya tidak kembali menyamping. Doan lagi-lagi masih gagal mencetak gol. Kali ini, sundulannya pada menit ke-63 yang hampir menjebol gawang Indonesia digagalkan Hubner yang berdiri tepat di garis gawang.

Pada menit-menit akhir, Jepang semakin meyakinkan menutup babak grup Piala Asia 2023 setelah Samurai Biru memperbesar skor menjadi 3-0 setelah Hubner yang semula berniat menghalau tendangan Ueda malah mencetak gol bunuh diri pada menit ke-88.

Tiga menit setelahnya, strategi STY yang memasukkan Baggot berbuah manis. Bek milik Ipswich Town itu menjadi target lemparan Arhan dan menjadi perhatian bek-bek lawan pada menit ke-90+1. Alhasil, situasi ini dimanfaatkan dengan baik oleh Sandy Walsh yang mencuri ruang kosong di pertahanan Jepang untuk memperkecil kekalahan Indonesia melalui satu golnya dengan skor akhir 1-3.

Kekalahan ini membuat Indonesia mengakhiri babak grup Piala Asia 2023 dengan berada di peringkat ketiga, mengoleksi 3 poin dengan selisih gol -3.  Peluang lolos ke babak 16 besar sebagai satu dari empat peringkat ketiga terbaik menanti hasil laga grup E dan F. Sementara itu, Jepang dengan 6 poin menemani Irak lolos ke babak 16 besar Piala Asia. (bua)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img