spot_img
Sunday, March 3, 2024
spot_img

Ingin Liburan Hemat, Berikut ini Tips Berburu Tiket Pesawat dan Hotel

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – Memilih waktu yang terbaik untuk memesan tiket pesawat dan hotel untuk liburan bisa memberi banyak manfaat bagi konsumen, mulai dari biaya sampai ketersediaan pilihan yang menarik.

“Kami berharap, pelanggan dapat menghemat pengeluaran untuk transportasi dan akomodasi sehingga biaya yang dihemat tersebut bisa dialokasikan untuk hal lainnya,” kata Wakil Direktur Pemasaran dan Komersial PegiPegi Ryan Kartawidjadja dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

Berdasarkan data yang mereka himpun sepanjang 2022, Pegipegi merekomendasikan konsumen memesan tiket pada hari kerja alih-alih akhir pekan. Harga tiket pesawat pada Senin-Jumat bisa lebih murah sekitar 3-6 persen dibanding akhir pekan.

Jika ingin naik pesawat, platform perjalanan online itu menyarankan konsumen memesan tiket minimal lima hari sebelum keberangkatan.

Memesan tiket sejak jauh hari diyakini bisa menghemat biaya 10-25 persen dan menghindari harga naik tiba-tiba. Selain itu, konsumen juga bisa memilih penerbangan yang sesuai dengan keinginan.

Harga tiket pesawat cenderung lebih murah pada low season alias hari-hari biasa, dibandingkan saat peak season atau musim liburan. Tiket pesawat pada Februari, September dan Oktober cenderung lebih murah 15-30 dari bulan lain.

Pemesanan hotel pun sebaiknya dilakukan 20 hari sebelum tanggal menginap supaya bisa hemat sekitar 10 persen. Jika terpaksa memesan mendadak, pada hari Minggu dan Senin, konsumen bisa mendapatkan selisih harga 5-10 persen lebih murah. Pemesanan hotel mendadak cenderung mahal pada hari Jumat dan Sabtu.

Sama seperti tiket pesawat, harga kamar hotel lebih murah pada low season, bisa 8-10 persen lebih murah dibanding bulan lainnya. Musim nonliburan untuk pemesanan hotel biasanya berlangsung pada Juli, Agustus dan September.

Berdasarkan data internal mereka, PegiPegi mencatat harga hotel di Yogyakarta bisa naik sampai 36 persen saat musim liburan. (ntr/bua)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img