spot_img
Saturday, July 20, 2024
spot_img

Ini Akses Berkurban Online di Idul Adha 1445H

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media, Jakarta – Bagi muslim di Indonesia pelaksanaan ibadah Idul Adha 1445H akan berlangsung pada Senin, 17 Juni 2024. Dalam momen ini, para penganut agama Islam diajak mengingat peristiwa kurban yang dilakukan Nabi Ibrahim usai dirinya bersedia mengorbankan putranya Ismail sebagai wujud kepatuhan terhadap Allah.

Lewat Idul Adha juga para muslim diajak untuk mengikuti teladan yang sama untuk ikut berkurban sebagai ungkapan syukur kepada Allah atas semua nikmat yang telah diberikan kepada manusia sebagai umatnya.

- Advertisement -

Di era digital ini, berkurban juga dapat dengan lebih mudah dan ditemukan lewat akses online. Berikut ANTARA rangkumkan akses yang dapat dipercaya untuk berkurban online di momen Idul Adha 1445H.

Kurban Berkah Baznas

Berkurban secara daring yang pertama dapat dilakukan lewat Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) melalui situs website-nya di baznas.go.id/kurban.

Berdasarkan informasi dari dari instagram @baznasindonesia, Baznas sudah tepercaya dari tahun ke tahun menyediakan dan menyalurkan kurban di Indonesia dalam setiap momen Idul Adha. Untuk 2024 ini, Baznas menargetkan sebanyak empat juta pekurban dalam Program Kurban Berkah Baznas 2024.

Dalam penunaian kurban online ini, Baznas memberikan layanan kemudahan berupa pembayaran online yang sah dan dapat dipertanggungjawabkan secara syariah.

Bagi anda yang memilih berkurban secara online lewat Baznas, nantinya daging kurban dipastikan akan didistribusikan ke seluruh provinsi di Indonesia.

Rumah Zakat

Rekomendasi akses daring lainnya untuk berkurban ialah aplikasi Rumah Zakat yang bisa diunduh dan dipasang baik di gawai Android dari akses Google PlayStore maupun di gawai Apple dengan akses dari Apps Store.

Ada beberapa program kurban yang bisa dipilih lewat Rumah Zakat, pertama program “Desaku Berqurban” lewat program ini kurban nantinya bakal dipilih dari peternak lokal. Kurban akan disembelih secara syariah di desa-desa yang minim pekurban dengan demikian masyarakat di desa tersebut bisa merasakan kebahagiaan di momen Idul Adha dan turut memberdayakan peternak lokal.

Lalu ada program “Superqurban”, untuk anda yang memilih program ini nantinya daging kurban yang disembelih secara syariah akan diolah menjadi bentuk kornet yang memiliki ketahanan tiga tahun atau menjadi rendang dengan ketahanan dua tahun. Nantinya hasil kurban dapat dinikmati sepanjang tahun oleh masyarakat yang membutuhkan baik di pelosok Indonesia maupun dunia.

Sayurbox

Sayurbox mungkin dikenal masyarakat sebagai aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk berbelanja bahan-bahan masak segar seperti buah dan sayur. Namun untuk momen Idul Adha, kini Sayurbox juga menyediakan akses bagi pengguna aplikasinya untuk berkurban secara daring.

Merupakan hasil kolaborasi dengan Dompet Dhuafa, kurban online di Sayurbox untuk Idul Adha 1445H dapat dilakukan hingga 16 Juni 2024. Lewat aplikasi Sayurbox, calon pekurban dapat memilih jenis dan berat hewan yang akan dikurbankan.

Hewan kurban tersebut nantinya tidak akan dikirim ke rumah pekurban namun akan langsung disembelih secara syariah atas nama pekurban dan didistribusikan ke wilayah dengan masyarakat yang membutuhkan.

Bank Qurban

Bank Qurban telah menyediakan layanan kurban online sejak 2018 dan dioperasionalkan di bawah naungan PT. Bank Qurban Digital Nusantara. Bagi pekurban yang tertarik, maka bisa mengakses layanan ini lewat bankqurban.com. Jangkauan kurban online dari Bank Qurban mencakup layanan di Jabodetabek, Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Madura, dan Nusa Tenggara.

Kurban online yang dilakukan lewat Bank Qurban untuk Idul Adha 1445H bakal disembelih dan disalurkan pada hari yang sama pada 10 Dzulhijjah dan tiga hari Tasyrik atau di sekitar 16-19 Juni 2024.

DT Peduli

DT Peduli merupakan lembaga amal yang juga menyediakan akses kurban online melalui situs web dtpeduli.org/qurban. Ada dua program yang dihadirkan dan bisa dipilih pekurban yaitu “Qurban Pelosok Negeri” dan “Qurban Lintas Negeri”.

Untuk “Qurban Pelosok Negeri” sesuai dengan namanya kurban akan disembelih secara syariah dan didistribusikan ke daerah-daerah di Indonesia yang masyarakatnya membutuhkan.

Sementara untuk “Qurban Lintas Negeri” akan dilakukan di dua negara yaitu Palestina dan Afrika. Kurban online lintas negeri tersebut untuk wilayah Palestina tersedia dalam tiga bentuk yaitu domba, unta, dan sapi. Sementara untuk tujuan Afrika, kurban yang bisa dibeli hanya domba dan sapi.

KitaBisa

KitaBisa sebagai situs penggalangan dana dan donasi untuk kegiatan-kegiatan sosial dan kemanusiaan juga turut menyediakan layanan kurban online.

Layanan ini bisa diakses lewat situs website qurban.kitabisa.com maupun melalui aplikasi KitaBisa yang bisa dipasang di gawai Android maupun Apple. Pekurban bisa memilih lokasi kurban dari daftar lokasi yang disediakan KitaBisa.

Nantinya daging kurban yang telah disembelih akan dibagikan ke warga yang membutuhkan di sekitar lokasi kurban yang dipilih.(ntr/jon)

- Advertisement -spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img