spot_img
Sunday, July 14, 2024
spot_img

Ini Bumbu Rahasia Ayam KFC

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – Bumbu rahasia lezatnya ayam goreng KFC ditemukan oleh pelanggannya sendiri. Dalam resep yang ditemukan itu, ternyata di dalamnya ada kandungan MSG (monosodium glutamat).

Melansir dailymail.co.uk (14/09), seorang wanita asal Selandia Baru membagikan sebuah foto pada unggahannya di Facebook. Pada foto itu terlihat sebuah bungkus bumbu yang berlabel ‘Colonel Sanders’ Resep bumbu Kentucky Fried Chicken’, seperti dilansir dari detikFinance.

Seperti bumbu kemasan pada umumnya, dalam bumbu KFC ini juga tertulis bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Selain ragam bumbu herba dan rempah-rempah rahasia, rupanya ada bahan penyedap yang kontroversial yaitu MSG (monosodium glutamat).

Melihat bumbu rahasia tersebut, wanita yang menemukannya ini terkejut dan kecewa. Dia pun menunjukkan ketidaksenangannya dalam unggahan media sosial tersebut. “Ini seperti garam di atas retakan,” tulisnya dalam unggahan Facebook.

Lantas unggahan Facebook miliknya itu juga memicu perdebatan di antara para netizen yang melihatnya.

Sebagian orang terkejut mendengar fakta bahwa bumbu yang selama ini digunakan oleh ayam KFC adalah MSG. Namun sebagian lainnya merelakan hal itu karena KFC hanya menambahkannya dalam jumlah tak terlalu banyak.

Sepertinya kebanyakan orang Barat memang tidak terbiasa dengan penambahan MSG pada makanan mereka. Karenanya ketika mereka melihat resep ini cukup membebankan pikiran. Banyak orang rupanya masih mempercayai mitos tentang dampak buruk MSG.

Seorang netizen pun turut berkomentar bahwa MSG tidak masalah digunakan sebagai penyedap dalam jumlah sedang. Cita rasa umami yang dihasilkan memang dapat melezatkan masakan.

“Saya telah baca beberapa artikel mengenai MSG atau sindrom restoran China. Banyak dari mereka menyerang komunitas atau etnis itu dan sebagiannya sangat rasis! MSG tidak masalah digunakan dalam jumlah sedang! Penyedap umami adalah hal yang sama,” pungkasnya sebagai respon.

Sementara netizen lain juga memberikan respon terhadap penambahan MSG ini dengan mengungkap, “Saya yakin MSG tidak pernah dilarang, dan semua mitos buruk yang melingkupinya sudah terbantahkan.”

Banyak yang mengungkap bahwa konsumsi MSG bisa memberikan efek pusing, kesemutan, dan lain sebagainya. Sebenarnya penelitian menyeluruh soal efek seperti ini belum ada.

Dalam Instagram live Kelas Balado (30/08), acara ini membahas mengenai ‘Kristal Kristal Putih Kotak Katik Penyedap’. Salah satu pembicaranya adalah Harry Nazarudin yang merupakan penulis Kimiasutra.

Harry Nazarudin pun mengungkap belum ada penelitian secara pasti mengenai efek yang ditimbulkan oleh micin itu.

Namun penulis Kimiasutra itu menganggap bahwa hal ini cukup masuk akal. Karena di dalam saraf terdapat glutamin dan glutamat yang menjadi bahan dasar penyedap.

Sebagian orang mengeluhkan hal yang rata-rata berhubungan dengan saraf. Karena kesinambungan ini, maka masuk akal jika micin akan berpengaruh terhadap saraf terlebih dahulu.

“Menang penelitian belum ada, tapi masuk akal. Karena saraf itu ada di glutamin dan glutamat. Dan keluhan orang rata-rata berhubungan dengan saraf atau reaksi saraf. Ketika kandungan glutamat tinggi, maka dia akan memberi perintah ke otak atau bagian tubuh mendapatkan alarm,” ucap Harry pada acara tersebut.

KFC sendiri memang menegaskan mereka menggunakan MSG. Ada beberapa menu yang dibuat dengan MSG tetapi masih dalam takaran yang aman.

(aqr/adr/dtc/mg6/lin)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img