spot_img
Friday, May 24, 2024
spot_img

Ini Jalur Alternatif Hindari Macet di Kota Batu

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA – Puncak kunjungan wisatawan di Kota Batu selama libur lebaran 2024 diprediksi jatuh pada akhir pekan ini. Pemkot Batu dan kepolisian sejak jauh hari bersiap menghadapi banyaknya wisatawan dan kendaraan yang bakal melintas dengan persiapan lalu lintas dan jalur alternatif serta jalur shortcut yang bisa membantu memperlancar akses ke tempat tujuan.

Setidaknya ada 10 jalur shortcut alias jalur tikus yang bisa dipilih. Jalur tikus yang dimaksud adalah jalur shortcut yang terkoneksi dengan jalur protokol melewati desa-desa wisata.

“Insya Allah semua akses jalan di Kota Batu selama lebaran ini sudah kita jamin kelayakannya. Bisa dilewati dengan baik, aman dan nyaman. Termasuk di sejumlah jalur-jalur alternatif di desa-desa,” terang Kepala Dinas PUPR Kota Batu Alfi Nurhidayat.

Menurut dia, optimalisasi sejumlah jalur-jalur alternatif di kota wisata itu telah dilakukan. Bahkan, akses jalur pintas melalui Jembatan Paron, Dusun Brau, Desa Bulukerto juga sudah siap dilewati.

Optimalisasi juga menyentuh jalur-jalur alternatif utama seperti di jalur Simpang Pendem, jalur via Giripurno, Tawangargo- Karangploso, jalur via Payung dan Klemuk hingga jalur via Simpang Lima Junrejo. “Alhamdulillah sejauh ini semua aman dan terasa manfaatnya. Kami juga terus memantau,” imbuhnya kepada Malang Posco Media.

Dia mengatakan, selain jalur alternatif, optimalisasi jalan juga dilakukan pada jalur protokol yang rawan macet ketika volume kendaraan meningkat. Misalnya di Jalan Bromo- Semeru dan sebagai solusi, jalur di sana sudah dilakukan pelebaran jalan.

Ini daftar 10 ‘jalur tikus’ di Kota Batu Layak Dilintasi saat libur lebaran:

1.Jembatan Sisir- Pandanrejo (Jembatan Telogo Towo)

2. Jembatan Gunungsari Celaket- Jantur

3. Jalan Tembus Sisir- Pandanrejo

4. Jalan Tembus Sisir- Temas

5. Jalan Tembus Temas- Torongrejo- Mojorejo

6. Jalan Tembus Songgokerto- Sumberejo

7. Jalan Tembus Sumberejo- Ngaglik

8. Jalan Tembus Sumberejo- Sisir

9. Jalan Dadaprejo- Junrejo.

10. Jembatan Kali Paron Dusun Brau. (ley/van)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img