MALANG POSCO MEDIA, KOTA BATU – Komitmen nyata terhadap kelestarian lingkungan membawa ASTON Inn Batu menerima Tanda Kehormatan “Lencana Hakaryo Guno Mamayu Bawono Perak” dari Pemkot Batu. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Wali Kota Batu kepada Didik Rocki Wahyono, S.S., General Manager ASTON Inn Batu atas dedikasi dan kontribusi dalam mengembangkan sistem pengelolaan sampah hotel yang inovatif, terukur dan berbasis masyarakat.
“Bekat langkah yang dilakukan ASTON Inn Batu ini menjadi bukti bahwa praktik ramah lingkungan bukan sekadar tren, tetapi kebutuhan yang bisa diterapkan secara konsisten di sektor perhotelan,” ujar Rocki kepada MALANG POSCO MEDIA.
Ia menjelaskan melalui program manajemen sampah terpadu, hotel bintang empat ini mampu memisahkan sampah basah, kering dan B3 sejak dari sumber. Bahkan, ruang penyimpanan sampah basah dilengkapi pendingin udara (AC) untuk menjaga suhu agar tidak menimbulkan bau dan mencegah berkembangnya bakteri.
“Tak berhenti di situ, ASTON Inn Batu menjalin kerja sama dengan Oikos Cycle, pengelola sampah berbasis masyarakat di kawasan Tlekung. Sampah organik dari dapur dan restoran diolah menjadi pakan bebek melalui budidaya maggot, sehingga tercipta ekosistem zero waste yang memberi manfaat ekonomi bagi warga sekitar. Sementara itu, sampah kertas dan kardus didaur ulang agar volume residu yang dikirim ke TPA semakin kecil,” urainya.
Sebagai bagian dari Archipelago International, ASTON Inn Batu juga menjalankan kebijakan korporasi ramah lingkungan dengan mengganti air mineral kemasan plastik menjadi dispenser dan gelas kaca, menggunakan amenities kamar berbahan bambu dan kayu, serta dispenser isi ulang untuk sabun dan sampo.
Begitu juga di restoran, semua sedotan plastik telah diganti dengan sedotan kertas. Sementara untuk coffee break dan takeaway digunakan box kertas serta bento box kayu yang dapat digunakan kembali.
“Kami merasa terhormat dan terapresiasi saat menerima penghargaan ini. Tapi lebih dari itu, kami percaya pariwisata yang baik harus bertanggung jawab terhadap lingkungan dan masyarakat. Kami ingin menunjukkan bahwa hotel bisa menjadi bagian dari solusi, bukan sumber masalah,” ungkapnya.
Dengan penghargaan ini, ASTON Inn Batu menegaskan posisinya sebagai salah satu pelopor green hospitality di Kota Batu. Serta mengajak seluruh pelaku industri pariwisata dan bisnis lainnya untuk ikut berkontribusi menciptakan Kota Batu yang bersih, sehat dan berdaya saing global.(eri/lim)