spot_img
Saturday, July 13, 2024
spot_img

Inspirasi Prestasi

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Briptu Lintang Swasti Ayyufa Putri, SH,  sosok anggota Polwan Polres Batu yang memiliki segudang prestasi. Ia juga punya banyak pengalaman penugasan.

MALANG POSCO MEDIA– Briptu Lintang Swasti Ayyufa Putri SH tercatat memiliki sejumlah prestasi. Di antaranya di bidang olahraga.

“Saya memiliki hobi olahraga. Dari hobi tersebut kemudian membawa saya terjun di dunia perwasitan sebagai hakim garis sepak bola di Kota Batu tahun 2019 lalu,” ujar Lintang mengawali cerita kepada Malang Posco Media.

Punya tantangan tersendiri ketika ia menjadi hakim garis. Pasalnya harus bertindak tegas dalam setiap keputusan agar tidak terjadi kericuhan di lapangan.

“Beruntung saat mengenyam pendidikan Polri di Sepolwan Ciputat Jakarta Selatan dan langsung berdinas di Polres Batu saya belajar banyak. Utamanya saya diajari untuk bertindak tegas dan adil. Kemudian prinsip itulah yang saya terapkan ketika menjadi hakim garis sepak bola,” katanya.

Tidak berhenti disitu, alumni SMAN 1 Batu ini  juga dipercaya menjadi pelatih Paskibraka tingkat kota sejak tahun  2019. Lewat tangan dinginnya ia mampu menghasilkan paskibraka-paskibraka terbaik saat pengibaran bendera Merah Putih di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. 

“Lagi-lagi dari pendidikan yang saya dapat di Sepolwan, saya tularkan kepada anak didik. Dengan bersikap tegas dan mejadikan anak didik sebagai teman saya bisa lebih dekat dan membuat mereka respect. Sehingga mereka belajar tanpa tekanan dan sukses mengibarkan bendera Merah Putih di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia,” ungkapnya.

Bahkan ia juga pernah tergabung sebagai  Personal Assistant (PA) Asian Games pada tahun 2018 di Jakarta. Tugasnya   mendampingi para atlet dari Asia. Secara tidak langsung ia juga dituntut untuk bisa multi bahasa.

Kemudian Lintang  pernah ditunjuk untuk melaksanakan Dikbang (Pendidikan dan pengembangan) di bidang Bahasa Mandarin pada tahun 2021 di Sebasa Cipinang Jakarta Timur.

“Alhamdulillah saat ikut Dikbang saya meraih rangking lima besar. Saya bisa menyelesaikan Dikbang berkat pengalaman menjadi PA di Asian Games. Ini menjadi kebanggan karena saya harus bersaing dari banyak personel yang ikut dalam Dikbang di Sebasa Cipinang Jakarta Timur,” bebernya.

Tak berhenti di situ, atas kemampuan akademik dan bahasa asingnya, Lintang juga sempat dipercaya untuk menjadi Staf di Kompolnas RI pada tahun 2022 sampai tahun 2023. Di Jakarta kala itu sehari-harinya Briptu Lintang mempunyai tugas yang berat diantaranya adalah mendampingi komisioner Kompolnas untuk melaksanakan tugas sehari-harinya, serta mengelola kesiapan tugas Komisioner.

“Saya sangat bersyukur atas prestasi yang saya raih tersebut, saya mendapatkan apresiasi dan reward dari Kapolres Batu atas dedikasi sebagai pelatih Paskibraka Kota Batu. Serta reward sebagai Pembina Duta lalu Lintas pada tahun 2024 Bulan April,” paparnya.  

Atas beberapa prestasi itu   ia berharap bisa memotivasi rekan dan anggota Polri lainnya. Sehingga dapat mengharumkan Organisasi Kepolisian baik nasional maupun internasional. Kedepan ia akan terus belajar dan berani untuk mencoba hal-hal baru untuk dijadikan pengalaman dan dibagikan kepada rekan maupun penerusnya. (eri/van)  

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img