spot_img
Saturday, July 13, 2024
spot_img

Jaga Kesetiaan

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Dunia yang semakin canggih menghadirkan banyak tantangan di dunia kerja. Sebagai seorang Supervisor di Informa, Widiarsa juga merasakan hal tersebut. Salah satu hal yang ia lakukan untuk mempertahankan konsumen yakni dengan excellent service.

“Saat ini untuk mempertahankan konsumen bukan lagi tentang servis yang maksimal, namun lebih kepada excellent service. Menjaga kesetiaan pelanggan bukan hal yang mudah, apalagi dengan diskon dan promo yang hampir sama,” terangnya.

Excellent service dilakukan di berbagai lini, mulai dari pelayanan di toko, pengirim, instalasi sampai dengan komunikasi yang baik harus tetap dijaga. Hal ini yang patut diperhatikan di dunia saat ini yang semakin canggih.

“Sebagai seseorang yang bekerja di tengah-tengah, antara manajemen dengan sales, maka yang menjadi hal yang cukup penting ada pada komunikasi. Supervisor bertanggung jawab untuk menjembatani bagaimana kendala yang terjadi pada sales dan memberikan solusi alternatif kepada pihak manajemen,” jelasnya.

Meskipun menjadi jembatan, namun dalam perspektif pekerjaan komunikasi juga ada batasan. Jika terlalu dekat akan dikhawatirkan mengganggu profesionalitas yang bisa saja menimbulkan ‘kompromi’.

“Kedekatan dengan sales menurut saya lebih pada ketika tim membutuhkan support, saya bisa hadir untuk memberikan solusi dengan cepat dan tanggap. Yang terpenting dalam bekerja adalah kejujuran atau integritas. Itu adalah hal yang mahal dan salah satu kunci ‘umur panjang’ dalam pekerjaan,” imbuhnya.

Menurutnya, hubungan yang baik harus terus dieratkan. termasuk juga bagi relasi. Karena relasi menjadi bagian yang cukup penting. Semakin banyak relasi, maka semakin banyak pula pengetahuan, informasi dan hal-hal baru yang di dapatkan.

“Dengan menjalin relasi, bisa membangun komunikasi dengan baik. Jika konteksnya berhubungan dengan customer, maka mulai dari service penjualan, after sales sampai dengan komplain bisa terhandle dengan baik,” paparnya.

Dunia kerja juga membutuhkan keseimbangan. Baginya konsep work life balance menjadi salah satu hal yang tepat. Meskipun begitu tetap saja harus bisa menyikapi dengan bijak, karena tanggung jawab serta tuntutan pekerjaan yang memang harus dituntaskan. Sehingga memanage waktu, menjalin komunikasi dengan keluarga dan pekerjaan adalah kunci agar suasana harmonis tetap berjalan beriringan.

“Tentu banyak juga tantangan, apalagi sebagai Spv di level middle management yang terlahir di generasi milenial. Salah satunya harus mampu menyeimbangkan dengan tuntutan dari atasan yang lebih banyak dari generasi X dan memiliki kemauan keras dan keinginan yang serba instan. Ini membutuhkan adaptasi yang tinggi,” tandasnya. (adm/aim)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img