spot_img
spot_img

Jalur Utama Antar Kecamatan di Trenggalek Putus Akibat Tertimbun Longsor

Malang Posco Media – Jalur utama yang menghubungkan Kecamatan Trenggalek dan Bendungan hancur total dan tertimbun tanah longsor. Akses publik saat ini ditangguhkan.

Camat Bendungan Jatmiko mengatakan longsor terjadi di Desa Surenlor Kecamatan Bendungan pada Selasa pagi (4/10 2022). Tanah longsor menumpuk sepanjang 30 meter dan menutupi seluruh jalan.

“Betul ada longsor, kejadian sekitar pukul 04.00 WIB. Saat ini akses putus total, nggak bisa lewat,” kata Jatmiko.

Dilansir dari detikJatim, Selasa (4/10), menurutnya, bencana alam tersebut disebabkan oleh hujan deras di kawasan bendungan pada Senin malam. Kondisi ini menyebabkan tebing di samping jalan menjadi tidak stabil dan runtuh. Selain itu, lokasi tersebut sedang dalam pembangunan untuk pelebaran jalan.

“Untuk sementara akses dari kedua arah putus total, alternatif terdekat tidak ada. Menunggu proses pembersihan selesai,” jelasnya.

Pihaknya mengaku telah melaporkan kejadian itu ke BPBD maupun Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Trenggalek agar dilakukan proses pembersihan dan pembukaan jalur.

“Perkiraan untuk pembukaan jalur sekitar 3 jam, karena material longsor cukup banyak,” ujarnya.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Trenggalek Ahmad Budiharto, mengatakan lokasi longsor tersebut merupakan titik pengerjaan proyek pelebaran jalan yang dilakukan Dinas PUPR.

“Lokasinya di proyek pelebaran jalan, sehingga masih menjadi tanggung jawab dari pelaksana pekerjaan. Tadi saya sudah komunikasi dengan PUPR dan saat ini alat berat sudah persiapan berangkat ke lokasi,” kata Budi.

(abq/fat/dtc/mg8/lin)



BERITA LAINNYA

Gempa 5.6 SR Guncang Cianjur

Potensi Pendapatan MCC Rp 7,3 M

Gerak Lamban Belanja APBD