spot_img
Friday, May 24, 2024
spot_img

Jangan Cemas, Obati Radang Gusi Bisa Dilakukan di Rumah

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – Gusi yang sakit sering kali bisa menjadi tanda masalah kesehatan mulut seperti penyakit gusi karena kurangnya kebersihan mulut. Di lain waktu, perubahan hormonal (seperti selama kehamilan atau sebelum menstruasi), reaksi alergi, atau bahkan obat-obatan tertentu  juga bisa  menjadi penyebab nyeri gusi.

Kevin Sands, DDS , dokter gigi kosmetik bersertifikat yang berbasis di Beverly Hills, California mengungkapkan  ada beberapa cara bisa dilakukan di rumah untuk pengobatan sementara mengatasi sakit gusi.

Salah satunya kompres air dingin. Kondisi dingin secara alami membuat gusi mati rasa, mengurangi pembengkakan, dan mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan sakit gusi.

Ia menyarankan untuk mengambil kompres dingin atau sekadar membungkus es dengan kain dan mengoleskannya ke bagian luar mulut.“Bungkus beberapa es batu dengan kain bersih dan tempelkan di bagian luar pipi, dekat gusi yang sakit, selama 10 hingga 15 menit,” katanya.

Ditambahkan, pastikan  juga untuk menghindari kontak langsung antara es dan gusi untuk mencegah iritasi lebih lanjut.Selain itu, membilas mulut dengan air garam dapat meredakan nyeri gusi dan meredakan gusi meradang dengan cepat.

 Berkat sifat antibakteri alami garam, garam dapat membantu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri berbahaya yang bersembunyi di dalam mulut Anda. Sands merekomendasikan untuk mencampurkan sekitar setengah sendok teh garam dapur biasa ke dalam secangkir air hangat.“Bilas mulut Anda dengan larutan tersebut selama sekitar 30 detik, lalu keluarkan,” katanya. “Ulangi ini dua hingga tiga kali sehari, terutama setelah makan atau kapan pun gusi Anda terasa sakit.”

Sands juga menyarankan untuk mengoleskan gel lidah buaya untuk manfaat anti inflamasi dan anti bakteri, sehingga dapat membantu menenangkan gusi yang meradang dan mempercepat penyembuhan.

Oleskan sedikit gel lidah buaya langsung ke gusi menggunakan jari atau kapas 2-3 kali sehari, biarkan selama beberapa menit lalu bilas mulut ada dengan air.

Kunyit juga salah satu rempah yang dapat mengurangi peradangan gusi dan melawan bakteri yang menyebabkan sakit, tambahnya. Campurkan sekitar setengah sendok teh bubuk kunyit dengan sedikit air untuk membentuk pasta. Oleskan pasta tersebut ke gusi yang terkena dan biarkan selama 5 hingga 10 menit, lalu bilas, kata Sands. Hindari juga penggunaan obat kumur yang mengandung alkohol agar tidak memperburuk peradangan gusi. (ntr/nug)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img