spot_img
Friday, June 6, 2025
spot_img

Jatim Park Group Gandeng Disnaker dan Damkar Kota Batu, Gelar Pembekalan Tanggap Darurat Bencana Gedung Bertingkat dan K3 Bagi Karyawan

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, KOTA BATU – Kesadaran mitigasi risiko kebakaran bagi pelaku wisata menjadi suatu kewajiban. Salah satunya Jatim Park Group yang menggelar Pembekalan Tanggap Darurat Bencana Gedung Bertingkat dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) selama dua hari di Hotel Senyum World, 2–3 Juni 2025.

Pembekalan Tanggap Darurat Bencana Gedung Bertingkat dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dilaksanakan dengan menggandeng Disnaker Provinsi Jawa Timur, Disnaker Kota Batu dan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Batu sebagai pemateri. Dengan peserta Holding Jawa Timur Park Group meliputi Senyum World Hotel, Pohon Inn Hotel, Klub Bunga, Dino Park, Legend Star, Fun Tech, Museum Musik Dunia, Dino Mall, Carnival, Security JTP3, Engineering JTP 3 hingga Milenia Glow Garden.

“Kegiatan ini ditujukan bagi para karyawan hotel dan unit usaha di bawah naungan Jatim Park Group. Pelatihan tersebut merupakan bagian dari upaya penerapan Perda Nomor 11 Tahun 2012 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran, yang mewajibkan pelaku usaha pemilik bangunan bertingkat untuk memiliki sistem keselamatan kebakaran terpadu,” ujar Kepala Bidang Pencegahan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Batu, Santoso Wardoyo kepada Malang Posco Media Selasa (3/6) kemarin.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini bukan sekadar pelatihan rutin. Ini adalah bentuk implementasi dari kewajiban hukum. Di mana pelaku usaha di sektor akomodasi harus siap menghadapi kemungkinan terburuk.

Selama dua hari, lanjut dia, selama dua hari peserta mendapatkan pelatihan dari teori ke praktek atau simulasi. Hari pertama diisi dengan materi teoritis yang mencakup tiga fokus utama seperti proteksi aktif kebakaran gedung, manajemen keselamatan kebakaran gedung (MKKG) dan prosedur evakuasi saat darurat.

“Hari kedua dilanjutkan dengan simulasi evakuasi berdasarkan skenario yang telah disiapkan. Dalam simulasi kami buat skenario evakuasi dan melatih seluruh peserta agar memahami peran masing-masing sesuai struktur organisasi tanggap darurat hotel. Ini bukan sekadar teori, tapi latihan riil,” tegasnya.

Santoso mengapresiasi pihak Jatim Park Group, pasalnya meraka memiliki kesadaran dan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi kebakaran bukan lagi pilihan, tapi keharusan. Di tengah geliat industri pariwisata Kota Batu, upaya seperti ini menjadi pondasi penting untuk menciptakan destinasi yang tidak hanya indah, tetapi juga aman.

Sementara itu Perwakilan Jatim Park Group, Suryo Widodo menyampaikan bahwa kegiatan yang digelar bagi karyawan salah satu destinasi terbesar di Indonesia ini sebagai wujud tanggung jawab pihaknya terkait kesadaran dan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi kebakaran di hotel maupun tempat wisata.

“Terkait giat Pembekalan Tanggap Darurat Bencana Gedung Bertingkat dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ini sebenarnya di Jatim Park Group sudah tersistem. Cuma kami perlu melakukan latihan, karena tanpa adanya latihan penanganan kebencanaan semuanya akan sia-sia,” paparnya.

Dengan adanya teori dan praktik dalam Pembekalan Tanggap Darurat Bencana Gedung Bertingkat dan K3. Nantinya karyawan akan lebih terlatih dan sigap ketika menghadapi hal yang tidak diinginkan. Misal ketika terjadi kebakaran ada yang bertugas menyelamatkan berkas, siapa yang mengarahkan pengunjung melalui jalur evakuasi dan siapa yang memadamkan api.

“Dengan pembekalan yang digelar kami berharap akan ada evaluasi untuk perbaikan kedepan. Mulai dari sistem dan SDM. Semua itu akan dicek dan dinilai dari oleh lembaga yang berwenang sebagai pemateri dalam pembekalan yang dilaksanakan selama dua hari ini,” pungkasnya. (eri/lim)

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img