spot_img
Tuesday, May 28, 2024
spot_img

Jatim Termasuk Tujuan Utama Mudik Lebaran, Kapolri Soroti Tingginya Angka Kecelakaan

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, meninjau Pos Pengamanan Terpadu Lebaran tahun 2024 di Terminal Purabaya, Kamis (4/4/2024).

Tiba di terminal Purabaya. Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo, menyapa masyarakat yang akan melakukan mudik lebaran dan memberikan bingkisan untuk penumpang yang akan melakukan mudik lebaran melalui terminal Purabaya.

Dalam kesempatan ini Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan secara umum wilayah Jatim termasuk salah satu tujuan utama mudik dan dari hasil evaluasi mudik tahun 2023 angka kecelakaan lalu lintas agak lebih tinggi dibanding wilayah lain.

“Sehingga tadi kami ingatkan untuk betul-betul menjaga keselamatan para pemudik, baik yang menggunakan kendaraan pribadi dan yang menggunakan kendaraan angkutan umum,” katanya.

Dia menyampaikan bahwa di Terminal Purabaya dilakukan tes urine untuk pengemudi bus. Selain itu juga terdapat pelayanan kesehatan baik bagi penumpang maupun bagi sopir.

“Saya kira ini bagus juga ada ruang pelayanan,  apabila ada keluhan dari masyarakat yang mungkin ada gangguan terkait dengan masalah kriminalitas,” ujarnya.

Utamanya, lanjut Sigit, untuk memastikan terjadinya angka penurunan kecelakaan lalu lintas di daerah-daerah yang sering terjadi peristiwa itu.

Sementara itu, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengemukakan pihaknya menerjunkan 2.000 personel yang ditempatkan di pos terpadu dan pos pelayanan di Jawa Timur untuk mengamankan arus mudik Lebaran 2024.

“TNI yang berada di jajaran Kodam V/Brawijaya, menerjunkan 2.000 personel yang nantinya akan ditempatkan di pos terpadu dan pos pelayanan,” kata Agus Subiyanto saat mengecek pos terpadu dan pos pelayanan di Terminal Purabaya Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis.

Kemudian selain personel, TNI juga, katanya menyiapkan peralatan alat angkut darat, laut, dan udara.

“Kita menyiapkan untuk SAR juga seperti kapal booth, mobil derek, kemudian kita sebar di jalan tol. Apabila terjadi kecelakaan lalu lintas bisa segera terpinggirkan. Kemudian ambulans kita sediakan di titik-titik rawan,” katanya.

Sementara untuk mitigasi, TNI akan mendukung upaya dari Polri terhadap apa saja yang mengganggu jalannya mudik, sehingga pelaksanaannya berjalan dengan lancar dan aman. (ntr/bua)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img