spot_img
Wednesday, April 17, 2024
spot_img

Jelang Olimpiade Paris, PBSI Fokus Matangkan Persiapan

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – PB PBSI semakin fokus pada pematangan persiapan dan kondisi fisik serta mental para atlet.  Agar tetap prima sepanjang enam turnamen terakhir pengumpulan poin kualifikasi Olimpiade 2024 Paris, yang bergulir hingga 28 April.

Demikian ditegaskan Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI Ricky Soebagdja  di Jakarta.“Tidak banyak waktu jelang Olimpiade, tapi kita harus mengejar poin. Kita harapkan semuanya berada dalam kondisi yang baik, mulai dari atlet, pelatih, tim fisik dan teknik, dan tim pendukung untuk selalu berkoordinasi,” kata Ricky saat ditemui di Pelatnas PBSI Cipayung.

Lebih lanjut, peraih medali emas Olimpiade 1996 Atlanta itu menilai, dari segi kualitas, pemain-pemain Indonesia yang bersaing untuk perebutan tiket menuju Paris ini sudah sangat berpengalaman.“Karena tidak ada waktu, jadi harus betul-betul harus dimanfaatkan waktunya, paling tidak untuk menjaga kondisi dan performa mereka,” ujarnya menambahkan.
Namun, ia tak menampik bahwa masih ada beberapa hal yang harus terus dievaluasi dan diperbaiki demi meraih hasil maksimal di setiap turnamen penting yang mereka ikuti dalam waktu dekat ini.“Harapannya juga, fokus dan komitmen jelang Olimpiade ini bisa ditingkatkan. Olimpiade ini sangat berbeda dengan event-event lain. Para pemain harus mengetahui ini, sehingga mindset-nya bisa dijaga,” kata Ricky.

Di sisi lain, Kepala Pelatih PBSI Rionny Mainaky mengatakan duetnya bersama Ricky per hari ini diharapkan bisa memantik semangat para atlet jelang pesta olahraga terbesar di dunia tersebut.“Ricky menggantikan saya, jadi lebih enak untuk turun (ke lapangan). Dia datang bersama Koh Chris (Christian Hadinata) sebagai juara Olimpiade, anak-anak menjadi semangat melihatnya,” kata Rionny.

“Saya bisa fokus (melatih) dan Ricky melalui figurnya bisa membantu anak-anak secara psikologis. Pengaruhnya besar, lumayan berbeda untuk memotivasi anak-anak tanpa bicara, bisa membangun kepercayaan diri juga,” ujarnya menambahkan.

Adapun cabang olahraga bulu tangkis ditargetkan membawa pulang medali emas Olimpiade 2024 Paris. Rionny mengatakan terus bekerja keras demi mewujudkan target tersebut, pun dengan memaksimalkan peluang dan menjaga optimisme di setiap turnamen pengejaran poin.

“Keyakinan atlet sekarang saya rasa agak turun. Memang, kita akui dari lawan juga mengejar, jadi kita perlu fokus lagi. Saya yakin kita berdua, kita semua, bisa membantu (mewujudkan) prestasi anak-anak ini,” kata Rionny. (ntr/nug)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img