spot_img
Monday, April 15, 2024
spot_img

Jelang Porprov Jatim IX 2025, KONI Jatim Biayai Pembukaan dan Penutupan

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA – Persiapan jelang gelaran Porprov Jatim IX 2025 di Malang Raya, terus bergulir. Pemprov Jatim memastikan beri dukungan penuh untuk kelancaran pesta olahraga terbesar di Jatim ini.

Saat ini, proses persiapan gelaran Porprov IX 2025 Malang Raya, diperkirakan membutuhkan anggaran hingga puluhan miliar rupiah. Nantinya, Pemprov Jatim melalui KONI Jawa Timur juga akan ikut membantu melalui alokasi dana yang telah disiapkan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Timur Moh. Ali Kuncoro mengatakan pihak Dispora telah menujuk KONI Jatim sebagai penyelenggara Porprov. Sehingga terkait detail anggaran, akan dibahas oleh KONI.

“Sesuai dengan kewenangan maka sebagai penyelenggara Porprov Pemprov Jatim menunjuk  KONI Jatim. Anggaran yang diberikan kepada KONI berupa hibah,” ungkapnya, kepada Malang Posco Media, kemarin.

Terkait besaran anggaran yang digunakan dalam pelaksanaan Porprov IX 2025 nanti, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada KONI Jatim. Sehingga Dispora Jatim bertindak sebagai pengawas saja. Sementara penggunaan anggaran sepenuhnya berada di tangan KONI.

“Terkait detail nominal anggaran untuk penyelenggaraan Porprov, pihak KONI yang berwenang. Kami juga meminta agar KONI selalu melakukan monitoring dan evaluasi, serta supervisi agar pelaksanaan sesuai konsep yang direncanakan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Jatim Muhammad Nabil mengatakan saat ini untuk besaran anggaran masih tahap pembahasan. Namun, terkait kebutuhan anggaran persiapan Porprov 2025 ia mengatakan pihak tuan rumah yang mengetahui kebutuhannya.

“Kebutuhan anggaran pihak daerah masing-masing yang mengetahui. Tapi nanti ada rapat dulu dengan kami, terkait kebutuhan yang diperlukan. Tapi bukan soal nominalnya,” jelasnya.

Nabil menyebutkan, terkait alokasi anggaran yang dikucurkan oleh KONI Jatim meliputi biaya pembukaan dan penutupan. Namun, saat ini masih proses pembahasan dan rapat oleh jajarannya.

“Selain itu juga biaya kemanan dan kesehatan, kami alokasikan. Namun, kami belum menggelar rapat terkait pembahasan anggaran yang dialokasikan untuk Porprov 2025 mendatang,” tandasnya.

Seperti diketahui sebelumnya  berbagai persiapan Porprov IX 2025 sudah mulai dikerjakan masing-masing pemda di Malang Raya. Untuk bisa menyukseskan gelaran pesta olahraga daerah dua tahunan ini, kebutuhan anggaran menyentuh hingga puluhan miliar.

Mulai dari kebutuhan perbaikan fasilitas dan pembuatan venue, hingga kebutuhan pembinaan atlet. Seperti halnya kebutuhan anggaran keseluruhan di Kota Malang, diperkirakan mencapai Rp 50 miliar untuk Porprov IX 2025 Malang Raya.

Sebagaian kebutuhan anggaran akan diusulkan melalui PAK 2024 dan APBD Kota Malang 2025. Namun, beberapa kebutuhan anggaran juga diajukan ke Pemprov Jatim serta ke pemerintah pusat dalam hal ini Kemenpora RI.

Tidak hanya di Kota Malang saja, anggaran besar juga disiapkan di Kabupaten Malang dan Kota Batu. Kedua wilayah juga mengusulkan beberapa venue untuk bisa digunakan dalam gelaran Porprov IX Malang Raya. (rex/van)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img