spot_img
Monday, April 15, 2024
spot_img

Juara di Spain Masters 2024, Ana/ Tiwi Runner Up; Rinov/ Pitha Jaga Asa ke Olimpiade Paris

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari menjaga asa lolos ke Olimpiade Paris 2024 setelah menjuarai Spain Masters 2024 pada Minggu (31/3) kemarin. Dalam laga final di Centro Deportivo Municipal Gallur, Madrid, Rinov/Pitha menang rubber game 17-21, 21-12, 21-13 atas wakil China Cheng Xing/Zhang Chi dalam tempo 54 menit.


Rinov/Pitha tampil agresif dan taktis sejak gim pertama. Akan tetapi, tertinggal sejak interval gim pertama dan tidak dapat mengejar Cheng/Zhang hingga gim pertama direbut lawan dengan 21-17.


Pada gim kedua, unggulan keenam dalam turnamen itu mengubah strategi dengan lebih menyerang. Alhasil, mereka tampil dominan dan tidak memberikan kesempatan lawan untuk mengembangkan serangan.


Sejak unggul 9-7,  Rinov/Pitha meraih delapan poin berturut-turut dan memperlebar jarak keunggula sampai 15-7. Sampai akhirnya memenangkan gim ini dengan 21-12.


Pada gim pamungkas, Rinov/Pitha menerapkan strategi yang kurang lebih sama dan tidak cepat menyerah meski tertinggal dari lawan. Saat skor 12-12, Rinov/Pitha mengumpulkan empat poin berturut-turut untuk berbalik unggul dan akhirnya menang 21-13.


Gelar juara ini sangat berarti bagi Rinov/Pitha. Bukan hanya pelepas dahaga dan krusial dalam pengumpulan poin untuk Olimpiade 2024 Paris, gelar ini juga mengulangi hasil mereka pada Spain Masters 2021 ketika mereka juga naik podium tertinggi.


Unggulan keenam itu mengungkapkan kunci kemenangan mereka adalah keyakinan dan keberanian dalam  menerapkan strategi dan pola permainan yang sudah mereka persiapkan. 
“Tiga tahun terakhir adalah ujian buat kami tapi kami tetap berusaha untuk kembali lagi dan mungkin ini jalannya Tuhan hari ini kami bisa ke podium tertinggi,” kata Rinov. 


Sedangkan Pitha mengatakan gelar juara ini memiliki banyak sekali arti bagi mereka. Tak hanya menjaga asa lolos kualifikasi Olimpiade Paris 2024, tapi juga mengulangi pencapaian mereka pada  Spain Masters 2021.


“Kami hanya yakin bahwa semua yang diperjuangkan akan ada hasilnya entah kapan, jadi coba terus selagi kesempatan itu masih diberikan,” ujar Pitha. 


Sementara, satu wakil lainnya di final Spain Masters 2024, yakni ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi (Ana/ Tiwi) harus puas menjadi runner up setelah kalah rubber game dari pemain Jepang unggulan pertama Rin Iwanaga/ Kie Nakanishi 21-12, 8-21 dan 16-21. (ntr/ley)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img