spot_img
Thursday, June 20, 2024
spot_img

Kabupaten Lumajang Borong Tiga Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2022

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media, Lumajang- Kabupaten Lumajang berhasil meraih tiga penghargaan sekaligus Green Leadership Nirwasita Tantra tahun 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Itu adalah penghargaan yang kelima berturut-turut, Kabupaten Lumajang mendapatkan Green Leadership dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI,” kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq dalam keterangan tertulis yang diterima di kabupaten setempat, Rabu.

Dilansir dari Antara, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyerahkan langsung penghargaan itu kepada Bupati Lumajang yang biasa dipanggil Cak Thoriq di Gedung Manggala Wanabakti Kantor KLHK, Jakarta, Selasa (29/8).

“Bahwa penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra pertama disematkan kepada saya sebagai tanda peringkat I untuk Kepala Daerah kategori kabupaten besar,” tuturnya.

Kemudian Pemerintah Kabupaten Lumajang juga dianugerahi peringkat I Green Leadership Nirwasita Tantra untuk Pemerintah Daerah kategori kabupaten besar.

“Berbagai capaian dalam pemulihan lingkungan di Kabupaten Lumajang dan juga kebijakan yang menguatkan kelestarian lingkungan diapresiasi sebagai kebijakan yang berpihak dalam menjaga alam dan lingkungan,” katanya.

Nirwasita Tantra merupakan penghargaan dari pemerintah diberikan kepada kepala daerah atas kepemimpinannya dalam menerapkan kebijakan sesuai program kerja melalui metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas hidup di daerahnya.

Ia menjelaskan kebijakan pemerintah daerah dalam menjaga dan melestarikan lingkungan, tentunya tidak terlepas dari peran legislatif, sehingga Ketua DPRD Kabupaten Lumajang juga dianugerahi penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra untuk Ketua DPRD kategori kabupaten besar menempati peringkat ketiga.

“DPRD Lumajang juga mendapatkan penghargaan terkait kebijakan peraturan yang menjaga lingkungan yang telah diputuskan,” ujarnya.

Cak Thoriq mengatakan prestasi yang berhasil ditorehkan Kabupaten Lumajang merupakan buah dari usaha seluruh kerja keras kepala daerah (bupati dan wabup) bersama jajaran OPD Pemkab Lumajang dan Legislatif DPRD Lumajang dalam merumuskan peraturan daerah, yang dianggap berpihak pada pembangunan berkelanjutan yang tetap memperhatikan kelestarian lingkungan.

“Alhamdulillah, penghargaan itu persembahan kami, saya dan wabup Bunda Indah Masdar dalam hal menjaga kelestarian alam dan lingkungan di Lumajang yang lebih berkelanjutan dan terintegrasi,” katanya.

(ntr/jon)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img