spot_img
Thursday, June 20, 2024
spot_img

Kampus Kerakyatan Unitri Sambut 1300 Mahasiswa Baru

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang menyambut 1300 lebih mahasiswa barunya. Senin (18/9) kemarin, sebanyak 1059 mahasiswa baru telah tiba dan berkumpul di Kampus Ungu ini. Mereka telah mengikuti Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru di Kampus 1 Unitri.

Sedangkan sisanya masih proses pemberangkatan ke Malang. Karena rata-rata mereka berasal dari Pulau Jawa. Terutama Nusa Tenggara Timur (NTT). Yang lainnya dari Lampung, Sumatra Barat, Bali, NTB, dan Kalimantan. Diperkirakan dalam dua minggu kedepan para maba 2023 ini sudah hadir semua di Unitri.

Rektor bersama civitas akademika Unitri menyambut para mahasiswa baru dengan suka cita. Mereka disambut dengan penampilan tari daerah. “Selamat datang di Kampus Unitri, Kampus Ungu, Kampus Kerakyatan,” sapa Rektor Unitri, Prof. Dr. Ir. Eko Handayanto, M.Sc dalam sambutannya.

Unitri menjadi miniatur Indonesia. Mahasiswa di kampus ini berasal dari berbagai daerah di Nusantara. Bahkan paling banyak dari Indonesia Timur. Beberapa bahkan ada yang dari Luar Negeri. Seperti tahun ini ada lima mahasiswa baru dari Timor Leste.

TERTIB: Para mahasiswa baru Unitri mengenakan jas almamater saat mengikuti upacara, Senin (18/9) kemarin

Ini menunjukkan bahwa Unitri sebagai kampus yang merangkul semua kalangan. Menjadi satu wadah pendidikan yang benar-benar berbasis Kerakyatan.

Apalagi kampus ini dikenal dengan program beasiswanya. Tidak sedikit mahasiswa yang mendapat bantuan biaya pendidikan. Bahkan lebih dari 50 persen dari jumlah mahasiswa.

Prof Eko menyampaikan rencananya program orientasi pendidikan kampus ini akan digelar sampai tiga hari kedepan. Dia meyakinkan dalam orientasi pengenalan kampus ini tidak ada perpeloncoan. Pihak rektorat maupun bagian kemahasiswaan akan selalu memantau setiap kegiatan, hingga tidak ada kekerasan maupun perundungan.

“Selama ini di Unitri tidak ada kasus kekerasan, karena kami mengawasi dengan ketat,” ucapnya.

Rektor mengimbau kepada para mahasiswa baru untuk giat belajar dan rajin kuliah. Meskipun mereka rata-rata mendapat subsidi biaya pendidikan hingga hampir 60 persen.

“Meski membayar dengan murah, tapi jangan sampai kuliahnya asal-asalan. Tetap optimis meraih masa depan sesuai harapan orang tua,” tambahnya.

Kapolsek Lowokwaru AKP Anton Widodo, SH., M.H dan Danramil 0833/05 Lowokwaru Kapten Czi Fathor Rohman turut hadir menyambut mahasiswa baru Unitri Tahun Akademik 2023-2024. Dalam kesempatan tersebut keduanya memberikan sambutan dan arahan kepada para maba.

Kapolsek Lowokwaru AKP Anton Widodo, SH., M.H mengimbau kepada para mahasiswa untuk aktif terlibat dalam menjaga ketertiban di lingkungan kampus dan masyarakat. “Belajar yang baik di kampus dan saling menghargai hidup berdampingan dengan masyarakat,” ucapnya.

Danramil juga berharap mahasiswa baru Unitri dapat memberikan warna yang berbeda. Dalam sambutannya Kapten Czi Fathor Rohman mengobarkan semangat para mahasiswa dengan yel-yel bernilai persatuan. “Belajarlah yang tenang, aman dan nyaman. Supaya anda semua bisa meraih cita-cita untuk dapat membanggakan orang tua,” ungkapnya.

Sementara itu, kegiatan Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2023-2024 Unitri berlangsung meriah. Acara ini dimeriahkan dengan beberapa penampilan. Antara lain Tarian Woleka Sama Gaza dari Sumba Barat Daya NTT dan Tarian Begawei Kalimantan. Lebih meriah lagi dengan adanya penampilan Band Guest Star Carousel yang mengguncang panggung acara. (imm/adv/jon)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img