MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Memastikan semua layanan bebas dari Pungutan Liar (Pungli), Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto turun langsung melakukan inspeksi mendadak (sidak). Empat lokasi pelayanan masyarakat menjadi sasaran sidak pada Selasa (15/11).
Dalam sidak tersebut, Kombes Pol Budi Hermanto menilai semua fungsi sudah berjalan semestinya. Didampingi oleh Kabagren Kompol Yuliati dan Kasipropam Iptu Suyanto, rombongan memastikan bahwa sudah tidak ada pungli dalam layanan dari Polresta Malang Kota.
Hal ini menjadi komitmen Polresta Malang Kota untuk selalu menyediakan pelayanan prima bagi masyarakat. Dengan menghadirkan pelayanan yang mudah, cepat, dan fleksibel bagi seluruh masyarakat Kota Malang. “Hal ini sesuai dengan amanat Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh anggota Polri di seluruh Indonesia, senantiasa hadir dan membantu masyarakat secara cepat, aman dan bebas Pungli,” ujarnya.
Dari pelayanan Satpas Polresta Malang Kota, dirinya mengecek langsung pelaksanaan pelayanan. Mulai dari prosedur pendaftaran, tes teori hingga tes praktik mengemudi. “Sempat berdialog dengan beberapa pemohon SIM. Alhamdulillah semua sudah sesuai prosedur, tidak ada biaya tambahan dari yang sudah di tentukan. Saya juga menginstruksikan kepada petugas Satpas, untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh SIM. Namun tetap mengikuti tes sesuai prosedur, sebagai bukti bahwa pemohon memang layak mengendarai kendaraan bermotor,” jelasnya.
Di lokasi kedua yang berada di kantor pelayanan SKCK di bawah Satintelkam Polresta Malang Kota itu, juga tidak ditemukan adanya kecurangan. Dalam sidak tersebut pria yang akrab disapa Buher itu sempat menanyakan testimoni dari pemohon SKCK.
Kombes Buher juga menggelar dialog dengan masyarakat, untuk memastikan masyarakat telah di layani dengan baik dan cepat. Setelah dipastikan pelayanan SKCK kepada masyarakat sudah berjalan baik dan sesuai ketentuan, sidak dilanjutkan ke layanan BPKB dan layanan izin keramaian oleh Satintelkam Polresta Malang Kota.
“Tidak bosan-bosan kami untuk mengingatkan kepada seluruh jajaran. Tentunya, mengabdi dengan hati nurani guna menuju Polri yang presisi. Kami juga senantiasa membuka diri, untuk menerima kritik dan masukan dari masyarakat agar bisa terus meningkatkan pelayanan kami,” pungkas Kombes Buher. (rex/udi)