spot_img
Saturday, March 2, 2024
spot_img

Kawanan Monyet Resahkan Warga Wendit

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Warga di Dusun Wendit Barat, Desa Mangliawan Kecamatan Pakis kembali terusik kawanan monyet yang berasal dari taman wisata air Wendit. Dalam beberapa hari terakhir, sempat menyebar ke pemukiman. Hal tersebut membuat warga cukup resah.


Tak hanya keluar mencari makan, namun juga sempat merusak kabel maupun rumah warga. Di RW04 Dusun Wendit Barat misalnya, ada puluhan monyet berkeliaran. Silih berganti di atap-atap rumah warga dan tiang listrik. Hal seperti ini sebelumnya sempat beberapa kali terjadi, namun tidak berlangsung lama.


Warga setempat mengatakan bahwa monyet itu sering terlihat saat pagi atau sore hari. “Ini sudah beberapa kali, tahun lalu juga. Padahal dulu tidak seperti ini. Tidak sampai merusak rumah warga,” kata Idayani, warga setempat ditemui Malang Posco Media, kemarin. Saat keluar ke pemukiman, kawanan monyet sampai menurunkan genting.


Sempat ada warga yang berinisiatif untuk melumpuhkan sementara dengan senapan bius agar tidak membahayakan. Namun itu hanya sesaat. “Yang berkepentingan tidak ada kepedulian sepertinya, jadi masih ada padahal dulu sekali tidak pernah,” tambahnya. Ketua RT04 RW04, Junianto mengatakan bahwa saat ini monyet yang berkeliaran tidak masif dibandingkan tahun lalu.


“Kalau tahun 2022 lalu, saya sering mendapat laporan dan melihat sendiri warga ketakutan saat monyet turun ke rumah-rumah. Kadang merusak pot bunga. Sekarang keluar lagi kadang memutus kabel listrik,” jelasnya. Kepala Desa Mangliawan, Muhammad Ja’i membenarkan, bukan sekali ini kasus keluarnya kawanan monyet ke pemukiman.


Pihaknya kerap mendapat aduan maupun kritikan yang dilayangkan kepada pemerintah desa dan pengelola wisata Wendit. Dirinya beberapa waktu lalu telah berkomunikasi dengan pihak UPTD Wendit untuk menanggulangi masalah ini. Terkait dengan kawanan monyet tersebut kelaparan, kata Ja’i juga bukan faktor utama.
Selain faktor lingkungan, dikatakannya pula monyet Wendit berbeda dengan yang lain karena faktor sejarah mitologi tersendiri. Isu tersebut juga beredar sejak lama. Yang mana monyet sudah menghuni sebagai habitatnya lebih lama keberadaannya dibandingkan pemukiman di sekitarnya. (tyo/mar)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img