spot_img
Thursday, May 23, 2024
spot_img

Kawasan Savana Bromo Terbakar

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Kawasan savana Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) kembali mengalami kebakaran hutan, Rabu (30/8). Api diduga muncul sejak semalam, hingga diketahui meluas pada pagi hari di wilayah Malang dan Lumajang. Titik lokasi kebakaran juga berdekatan dengan akses wisata.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS, Septi Eka Wardhani saat dikonfirmasi kemarin. Berdasarkan informasi dari masyarakat kepada petugas, Selasa (29/8) sekitar pukul 23.30, terdapat titik api di Bantengan (sekitar perbatasan resort PTN Wilayah Coban Trisula dan resort PTN Wilayah Ranupani).

“Benar ada beberapa titik api yang muncul diduga sejak semalam dan saat ini meluas, sebagian masuk wilayah Malang dan sebagian Lumajang,” jelas Septi. Dia mengaku, pihaknya telah menerjunkan tim gabungan dalam penanganan kebakaran yang terjadi. Personel yang diterjunkan dari beberapa resort Pengelola Taman Nasional (PTN) dibantu Masyarakat Peduli Api (MPA) dan sejumlah mitra.

“Petugas menindaklanjuti dengan melakukan pengecekan langsung dan terkonfirmasi adanya sumber api di lereng sebelah Utara jalan Malang-Lumajang, dan menjalar ke arah savana dan blok Jemplang,” terangnya. Tim gabungan, kata Septi, bergerak untuk mengisolir sumber api dengan membuat ilaran dan mulai melakukan pemadaman dengan menggunakan peralatan manual, jetshooter dan mobil tangki serta pompa pemadam kebakaran.

Sampai dengan sore kemarin, api yang belum bisa dipadamkan berlokasi di sebelah Barat Shelter Watugede. Selain pemadaman, petugas juga melakukan pengamanan terhadap pengunjung yang melintasi lokasi sekitar kebakaran, serta menghimbau agar pengunjung yang melintas tidak berkerumun dan tidak mengganggu proses pemadaman. (tyo/mar)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img