spot_img
Tuesday, May 28, 2024
spot_img

Kegiatan Ramadan SDI Baitul Makmur Malang; Peringati Nuzulul Quran dan Resmikan Laboratorium Alquran

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA,MALANG – Puncak kegiatan SDI Baitul Makmur Malang selama bulan Ramadan ditandai dengan berbagi takjil, Jumat (5/4) kemarin. Sebelum berbagi takjil, guru dan siswa mendengarkan cerita Islami di halaman sekolah.

Kepala SDI Baitul Makmur Malang, Ida Prasanti, S.Pd menyampaikan, selama Bulan Ramadan SDI Baitul Makmur terdapat beberapa rangkaian kegiatan. Diantaranya, peringatan Nuzulul Quran dibarengi dengan peresmian Laboratorium Alquran, Pesantren kilat  khusus kelas 5 di Pondok Pesantren El Jasmine dan pondok Ramadan untuk seluruh siswa.

“Alhamdulillah, Ramadan tahun ini kami memberikan beberapa program Ramadan bagi siswa, dengan tujuan agar ibadahnya semakin ditingkatkan sehingga bisa diaplikasikan sehari-hari,” ucap Ida.

Ia juga menjelaskan, setiap rangkaian acara selama Ramadan memiliki tujuan dan harapan seperti khataman Alquran oleh 60 siswa sekaligus peresmian Laboratorium Alquran yang memiliki fungsi sebagai wadah praktik mengaji dan hafalan Alquran. Sehingga bisa menanamkan  kecintaan pada Alquran dan mempelajari peristiwa-peristiwa bersejarah tentang turunnya Alquran.

Kemudian pesantren kilat yang mengikuti seluruh kegiatannya agenda dari Ponpes El Jasmine mulai mengaji, mendengarkan tausiyah, materi salat, zakat serta kegiatan – kegiatan yang menyenangkan seperti game, safari Ramadan dan bakti sosial. Sehingga siswa mengetahui kehidupan di ponpes. Dengan tujuan selepas kelas 6 mereka memilih untuk mondok. Sehingga apa yang dipelajari di sekolah bisa berlanjut.

Selanjutnya, pondok Ramadan yang rangkaian puncaknya ditandai dengan berbagi takjil dan buka bersama di sekolah. Selama pondok Ramadan siswa diberikan materi tentang puasa, salat, praktik berzakat dana kegiatan keagamaan lainnya. Dengan harapan, materi yang disampaikan oleh guru bisa diaplikasikan oleh siswa di kehidupan sehari-hari.

“Dari seluruh rangkaian kegiatan-kegiatan selama bulan Ramadan tersebut. Kami berharap anak-anak tetap semangat dalam beribadah khususnya ibadah di bulan Ramadan dan juga menanamkan pahala-pahala yang akan didapat jika mereka rajin beribadah,” pungkasnya.  (sir/hud)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img