MALANG POSCO MEDIA, MALANG– MboisMart, sebuah toko offline milik Malang Koperasi Kreatif Mbois di lantai 2 gedung Malang Creative Center (MCC). Toko ini fokus memasarkan produk-produk dari berbagai industri kreatif. Produk yang dijual mencakup subsektor industri kreatif seperti kuliner, fashion, dan kriya.
Hanya saja MboisMart masih menggunakan metode promosi dan pemasaran yang masih konvensional. Hal inilah yang menjadi perhatian Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) STMIK Pradnya Paramita (STIMATA) dan Universitas Merdeka Pasuruan untuk membantu manajemen toko ini. “Tentu di era saat ini, berbagai bentuk promosi maupun penjualan tidak akan maksimal jika tidak ditunjang dengan sistem digital,” ucap Tubagus Mohammad Akhriza, selaku Ketua Tim PkM.
Tubagus Akhriza adalah Dosen dari Prodi S1 Sistem Informasi STIMATA Malang, bersama anggota timnya, Eni Farida dari Prodi S1 Sistem Informasi STIMATA Malang dan Anang Aris Widodo dari Prodi S1 Teknik Informatika Universitas Merdeka Pasuruan.
Program tim ini meningkatkan keberdayaan MboisMart dalam melaksanakan promosi dan pemasaran berbasis platform digital. Medianya melalui pengembangan dan penerapan web lokapasar intelijen (i-marketplace) dan strategi promosi melalui Media sosial (Facebook dan Instagram). “Web marketplace dilengkapi dengan Sistem Rekomendasi sehingga meningkatkan visibilitas produk di dunia digital dan menarik lebih banyak pengunjung,” ucap Riza, sapaan akrabnya.
Pria yang juga merupakan Ketua STIMATA ini menjelaskan manfaat dari web i-marketplace dengan Sistem Rekomendasi. Pertama, dengan pengembangan i-marketplace dan strategi promosi di media sosial, MboisMart akan memperoleh visibilitas lebih besar di dunia digital.
Kedua, program ini membantu meningkatkan kompetensi personalia MboisMart dalam pemasaran digital, yang memberikan manfaat jangka panjang bagi keberlanjutan usaha.
Karena itu, Riza menyampaikan beberapa poin sebagai solusi dari timnya. Antara lain, mengembangkan situs web i-Marketplace bagi MboisMart dengan domain publik yaitu di MboisMart.com.
Timnya juga mengadakan pelatihan dan pendampingan administrasi aplikasi web, dan manajemen konten serta melatih dan mendampingi Pengurus Mboismart untuk melakukan Kampanye Periklanan berbayar berbasis Facebook dan IG.
“Dengan solusi ini, diharapkan Mboismart dapat meningkatkan visibilitas dan daya saing produk mereka secara digital, sekaligus memperkuat posisi Mboismart sebagai marketplace lokal yang responsif terhadap tren digital,” pungkasnya. (imm/udi)