spot_img
Saturday, July 20, 2024
spot_img

Kemitraan Komprehensif ASEAN-Jepang Tak Sekadar Seremoni

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA- Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Jepang  telah bersepakat membentuk kemitraan komprehensif strategis dalam bentuk kerja sama konkret yang saling menguntungkan. 


Jepang adalah mitra paling aktif ASEAN dan pendukung utama implementasi ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP). Dukungan pada dua hal itu dapat berkontribusi dan mewujudkan kerja sama konkret yang bermanfaat langsung bagi rakyat. 
“ASEAN dan Jepang telah sepakat membentuk Kemitraan Komprehensif Strategis yang bukan sekedar seremonial dan basa-basi,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-26 ASEAN-Jepang di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (6/9/2023). 

- Advertisement -


Kerja sama yang semakin menguat, lanjut Presiden Jokowi, akan berpeluang memenuhi kebutuhan investasi infrastruktur yang dibutuhkan oleh negara-negara di Asia Tenggara senilai US$ 184 miliar per tahun.


Peluang kerja sama yang dapat diperkuat kembali adalah ASEAN Infrastructure Fund dan ASEAN Catalytic Green Finance Facility. Keduanya, memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung konektivitas infrastruktur hijau. 


Presiden Jokowi meyakini, penguatan kerja sama antara ASEAN dengan Jepang bakal terjadi semakin masif. Indikasinya, Jepang secara geografis memiliki kedekatan dengan wilayah ASEAN.
Baik ASEAN maupun Jepang, kata Presiden Jokowi, memiliki tanggung jawab bersama untuk berkontribusi dalam menjaga ASEAN menjadi kawasan yang damai, stabil, dan sejahtera. “Di sinilah rumah kita, di sinilah tempat kita tumbuh dan bernaung,” kata Presiden Jokowi.


Presiden Jokowi memimpin seluruh rangkaian pertemuan pada hari kedua rangkaian KTT ke-43 ASEAN yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC). 


Presiden Jokowi juga memimpin KTT ke-26 ASEAN-RRT yang diikuti oleh para pemimpin negara ASEAN bersama dengan Perdana Menteri China Li Qiang. Kemudian  Presiden Jokowi memimpin KTT ke-24 ASEAN-Republik Korea yang dihadiri oleh Presiden Republik Korea Yoon Suk Yeol.


Presiden Jokowi bersama dengan para pemimpin negara ASEAN diagendakan mengikuti KTT ke-26 ASEAN Plus Three (APT). Pertemuan yang digelar di Ruang Cendrawasih 3 tersebut juga dihadiri Perdana Menteri RRT, Presiden Republik Korea, dan Perdana Menteri Jepang.


Selanjutnya, KTT ASEAN-Kanada digelar dengan dihadiri oleh para pemimpin negara ASEAN dengan PM Kanada Justin Trudeau. Pada malam harinya, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Joko Widodo bersama para pemimpin negara dan pendamping akan menghadiri jamuan santap malam dalam rangka KTT ke-43 ASEAN. (van)

- Advertisement -spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img