spot_img
spot_img
Monday, April 15, 2024
spot_img
spot_img

Kenalkan Keindahan Indonesia dengan Program Jelajah Nusantara

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Amelia Salsaba Anatasya, Putri Nusantara Jawa Timur tahun 2023

Banyak cara mengenalkan keindahan alam Indonesia. Selain berkunjung secara langsung kemudian mengabadikan setiap momen dan posting di media sosial (medsos), juga bisa melalui media pembelajaran online yang dikemas dengan lebih menarik. Sehingga  lebih tertarik sekaligus belajar literasi.

Itulah yang dilakukan mahasiswi Program Studi (Prodi) Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Amelia Salsaba Anatasya.  Dari kreativitasnya tersebut, mahasiswi semester 4 ini berhasil meraih predikat sebagai Putri Nusantara Jawa Timur tahun 2023.

Dalam ajang yang diselenggarakan Simpor Group Pageant tersebut, wanita 19 tahun ini  membawakan inovasi media pembelajaran online melalui website dengan menampilkan indahnya wisata alam pelosok untuk masyarakat. Khususnya anak remaja. Program kerja yang ia bawakan bernama Jelajah Nusantara.

Bella, sapaan akrab Amelia Salsaba Anatasya merasakan. Saat ini banyak anak remaja menggunakan gadget dalam  waktu yang lama, namun hanya digunakan untuk bermain game atau media sosial saja. Inilah  yang menggerakkan hatinya untuk mengubah kebiasaan mereka dengan penggunaan gadget yang lebih bermanfaat.

Artikel yang dikombinasikan dengan gambar, serta bahasa yang menarik merupakan solusi yang ia tawarkan. Dengan begitu, literasi anak remaja bisa meningkat. Tidak hanya itu, ia juga membagikan cuplikan video keindahan alam ke dalam artikel, Tiktok, dan Instagram.

“Anak remaja menjadi target utama karena gawai yang hampir tidak pernah lepas dari genggamannya. Mereka juga penerus bangsa yang bertanggung jawab menjaga bumi,” ujar Bella.

Ia telah menyajikan enam tempat wisata alam yang indah ke dalam artikel dan media sosialnya. Di antaranya, Coban Nirwana berlokasi di Malang, Kedung Cinet di Jombang, Ranu Manduro di Mojokerto, Candi Rimbi di Jombang, Kebun Raya Purwodadi di Pasuruan, dan Pemandian Air Panas Padusan di Pacet.

“Saya sangat bersemangat mengimplementasikannya secara langsung melalui program yang saya buat di Putri Nusantara Jawa Timur. Pengetahuan mengenai kekayaan alam yang kita miliki penting untuk menumbuhkan rasa cinta Tanah Air kepada remaja,” katanya.

Menurut dia waktu penilaian, juri sangat tertarik dengan inovasi yang ia bawakan karena mampu memperkenalkan wisata pelosok bagi masyarakat. Sekaligus menjadi media pembelajaran generasi muda dengan harapan bisa  menumbuhkan rasa cinta Tanah Air. 

Bella mampu menjelaskan dengan jelas pertanyaan yang diberikan oleh juri waktu penilaian. Pasalnya berhubungan dengan materi di kelas perkuliahannya.

“Inovasi yang saya tawarkan dapat memikat hati juri karena skill public speaking yang saya miliki.  Kunci utama saat penjurian adalah kepercayaan diri dan penyampaian program kerja dengan menarik dan jelas. Skill itu saya dapat melalui organisasi yang saya  ikuti di UMM dan aktif menjadi volunteer di berbagai kegiatan,” ungkap Bella.

 Selanjutnya, keberhasilannya menjadi Putri Nusantara Jawa Timur membuat tekadnya semakin kuat. Ia akan melanjutkan karirnya sebagai putri di Duta Pemuda Pendidikan Indonesia. Dia memiliki target   ingin membawa sebuah inovasi yang dapat membantu mewujudkan Indonesia Emas 2045.

“Kampus UMM sangat mendukung dan mengapresiasi setiap jenjang karir saya, mulai dari materi, biaya, dan fasilitas yang membantu saya untuk selalu berkembang. Dengan begitu saya semakin semangat dan percaya diri  membangun karir saya dengan belajar mengambil ilmu sebanyak-banyaknya di UMM,” pungkasnya. (hud/van).

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img