MALANG POSCO MEDIA, MALANG– PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya terus berkomitmen dalam memberikan layanan terbaik bagi pelanggan selama masa Angkutan Lebaran 2025.
Untuk mendukung kelancaran perjalanan mudik, KAI Daop 8 Surabaya melibatkan semua pihak, termasuk ratusan relawan dari komunitas Railfans dan Pramuka. Para relawan ini di Stasiun Malang guna membantu penumpang dan memastikan kelancaran arus perjalanan.
Relawan yang berpartisipasi berasal dari tiga komunitas Railfans, yaitu Sahabat Kereta, Java Train, dan Malangraya 444, serta anggota Pramuka. Mereka bekerja sama dengan jajaran KAI serta personel TNI- Polri yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban selama periode Angkutan Lebaran.
Dalam pelaksanaan tugasnya, para relawan berperan aktif dalam memberikan informasi perjalanan, membantu penumpang di area stasiun, serta memastikan kelancaran arus penumpang. Mereka juga membantu memberikan panduan terkait jadwal perjalanan, aturan penggunaan kereta api, serta lokasi keberangkatan yang sesuai dengan tiket pelanggan.
Setiap harinya, delapan anggota Railfans dan delapan anggota Pramuka ditempatkan Stasiun Malang.
Partisipasi para relawan berlangsung selama periode posko Angkutan Lebaran 2025, mulai 24 Maret hingga 8 April 2025. Kehadiran mereka bertujuan untuk mempermudah pelanggan serta meningkatkan kenyamanan selama perjalanan.
Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengapresiasi kontribusi komunitas dalam mendukung layanan KAI di masa angkutan Lebaran.
“Kolaborasi antara KAI dengan komunitas Railfans dan Pramuka merupakan bentuk nyata sinergi positif dalam menciptakan kelancaran dan kenyamanan perjalanan pelanggan. Dedikasi mereka sangat membantu dalam menyediakan informasi yang dibutuhkan pelanggan, sehingga perjalanan menjadi lebih tertata dan menyenangkan,” ujar Luqman pagi tadi.
Pihaknya sangat mengapresiasi semangat dan keikhlasan para relawan yang meluangkan waktu dan tenaga untuk membantu pelanggan. Partisipasi mereka menunjukkan bahwa transportasi massal dapat berjalan lebih optimal dengan adanya sinergi dari berbagai elemen masyarakat.
Dengan keterlibatan berbagai pihak, KAI Daop 8 Surabaya optimis bahwa Angkutan Lebaran 2025 dapat berjalan lebih lancar, aman, dan memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik bagi seluruh pelanggan. (ica/van)