spot_img
spot_img
Sunday, April 14, 2024
spot_img
spot_img

Kisah Inspiratif Juara I Mahasiswa Berprestasi UM, Fina Kharisma: Kuliah Itu Ibadah, Berprestasi Adalah Dakwah

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – Untuk menghargai prestasi mahasiswa, setiap tahun Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) UM. PILMAPRES adalah ajang penting yang memungkinkan pengakuan atas usaha mahasiswa yang berprestasi, yang secara langsung mengangkat reputasi universitas.

Melansir rilis Humas UM melalui um.ac.id, juara I PILMAPRES 2024 adalah Fina Kharisma. Meski awalnya tidak yakin akan meraih juara, kesungguhan Fina Kharisma membawa kesuksesan. Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UM yang akrab disapa Fina ini menegaskan perjuangannya dalam seleksi ini cukup Panjang.

“Rasanya campur aduk banget, antara senang, bersyukur, dan terharu. Saya pribadi awalnya tidak berekspektasi bakalan menjadi juara karena teman-teman lainnya juga sangat unggul di bidangnya masing-masing. Akan tetapi, saya diberi kesempatan ini. Mungkin ini menjadi jalan dari Allah untuk membawa saya menuju tingkat yang lebih tinggi lagi,” seru Fina.

Tentu ini bukanlah hal yang mudah bagi mahasiswa terlebih lagi dalam membagi waktunya, apalagi Fina juga berada diluar kampus karena sedang mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yaitu Kampus Mengajar. Fina juga aktif berkegiatan di Al-Qur’an Study Club (ASC), salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UM.

“Penuh suka dan duka saat mengikuti PILMAPRES UM ini, jujur perjuangannya terasa berat. Akan tetapi, saya melihat orang-orang yang ada di sekitar memberikan dukungan yang sangat berarti. Terutama dukungan orang tua, yang tidak pernah putus memberikan do’a. Sehingga kejuaraan ini menjadi persembahan untuk mereka semua,” tutur Fina.

Bermula mengikuti PILMAPRES tingkat fakultas, Fina memantapkan dirinya untuk mengikuti ajang ini hingga menjadi juara satu tingkat sarjana di UM. Fina mengumpulkan niat serta tekad yang kuat dalam menghadapi kontestan pilmapres lainnya yang dipenuhi oleh orang-orang hebat.

Meningkatkan skill, melengkapi semua berkas persyaratan tidak lupa turut melengkapi perjuangannya.

Adanya seleksi berbahasa Inggris mendorong Fina untuk mengembangkan potensi diri dengan mulai mengimplementasikan bahasa asing ini ke kehidupan sehari-harinya, di samping itu Fina juga melewati tes seleksi yang lain seperti tes kepribadian, wawasan kebangsaan, capaian unggulan, karya tulis ilmiah.

“Pertama, luruskan niat untuk mencari ridha Allah. Jangan sampai salah dalam niat mengikuti suatu perlombaan. Kedua, kuasai dan tingkatkan kualitas diri di setiap tes seleksi. Sehingga maksimal dalam mempersiapkannya dan mendapatkan nilai yang tinggi,” ungkap Fina dalam memberikan kunci sukses menjadi juara.

Mengelola atau mengatur waktu menjadi salah satu kunci kesuksesan Fina. Meski begitu banyak kegiatan yang dilakukannya, Fina selalu merancang jadwal yang diukur sesuai dengan skala prioritas. Perkuliahan tetap menjadi prioritas utama bagi Fina, akan tetapi begitu di waktu senggang dia mulai mengikuti kegiatan lain selain kuliah.

“Jika dengan berkuliah itu ibadah, maka berprestasi adalah dakwah” itulah motto yang selalu menjadi pegangan bagi mahasiswa FMIPA UM ini. Fina beranggapan bahwa PILMAPRES bisa menjadi salah satu wadah baginya untuk menerapkan motto tersebut.

Fina menaruh harapan besar pada dirinya sendiri untuk bisa lebih berdampak pada masyarakat dengan jangkauan yang lebih luas. Fina pun menjadi lebih bersemangat lagi untuk semakin meningkatkan value dan skill diri.

“Sebagai mahasiswa, kita sepatutnya bersyukur atas kesempatan yang diberikan oleh Allah ini. Oleh karena itu, manfaatkan sebaik mungkin ketika masih mengenyam di bangku perkuliahan ini. Sebab, menjadi mahasiswa itu privilege. Jangan lupa mengembangkan potensi dan skill yang dimiliki. Mari membangun karakter pemuda yang tidak mudah insecure, karena setiap manusia memiliki jalan dan timeline masing-masing,” pesan Fina Kharisma yang telah mengikuti sekitar 50 lebih berbagai perlombaan. (*/bua)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img