spot_img
Thursday, February 22, 2024
spot_img

Kolaborasi Prodi PBI UMM-Malang Posco Media; Mocoran Awards, Ajang Apresiasi Jurnalistik Mahasiswa

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – PKL Jurnalistik Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sampai pada puncak apresiasi. Selasa (16/1) kemarin, digelar kegiatan Mocoran Awards di Aula BAU UMM Kampus III. Kegiatan ini sebagai penghargaan kepada mahasiswa yang telah sukses menerbitkan koran 12 halaman kolaborasi dengan Malang Posco Media.

SINERGI: Wakil Dekan 1 FKIP UMM Dr. Sugiarti, M.Si, Sekretaris Prodi PBI Candra Rahma Wijaya Putra, S.S., S.Pd., M.A., dan Dosen Jurnalistik Abdul Halim saat launching koran Mocoran

Mocoran merupakan nama dari koran yang diterbitkan. Singkatan dari Moco Koran. Sesuai namanya, Mocoran diharapkan dapat menjadi media untuk meningkatkan literasi masyarakat dalam membaca koran. Pada Mocoran Awards tahun ini, ada 12 kategori nominasi penghargaan yang diberikan.

APRESIASI: Kaprodi PBI UMM Arif Setiawan, M.Pd, Dosen Jurnalistik UMM Abdul Halim, Sekretaris Prodi PBI Candra Rahma Wijaya Putra, S.S., S.Pd., M.A., berfoto bersama pemenang nominasi

Yaitu Judul Berita Terbaik, Wartawan Berbakat, Berita Terbaik, Fotografer Berbakat, Foto Terbaik, PJ Rubrik Berbakat, Rubrik Terbaik, Nama Rubrik Terkreatif, Marketing Iklan Berbakat, Marketing Koran Berbakat, Foto Rubrik Terkece, dan Video Rubrik Terkreatif.

SELAMAT: Kaprodi PBI UMM Arif Setiawan, M.Pd berfoto bersama pemenang nominasi

Kaprodi PBI UMM Arif Setiawan, M.Pd menjelaskan, ada banyak keahlian Bahasa Indonesia yang diasah selama proses PKL Jurnalistik yang diampu Abdul Halim, S.Sos, yang juga Wakil Direktur di Malang Posco Media ini. “Di antaranya keahlian editing yang merupakan cabang keilmuan Bahasa Indonesia, pola komunikasi, serta penggunaan aneka ragam maksim dalam Bahasa Indonesia,” terangnya.

PENGHARGAAN: Dosen Jurnalistik UMM Abdul Halim yang juga Wakil Direktur Malang Posco Media memberikan penghargaan kepada Pemimpin Perusahaan Mutiara Perwita Sari

Selain itu, PKL Jurnalistik ini diharapkan juga dapat mengasah jiwa entrepreneur mahasiswa. Mereka diarahkan untuk bisa menjual hasil karya koran yang diterbitkan. Dan hasilnya, mengagumkan. Mahasiswa PBI angkatan 2020 ini sukses mencetak 1.000 eksemplar koran dan semuanya ludes terjual. Mereka juga berhasil mendapatkan iklan dari sponsor.

Pemimpin Redaksi Mocoran, Maria Fatma mengatakan, selama proses PKL ada beberapa kendala dan hambatan, namun semua itu tidak menyurutkan langkah untuk berkarya. Tetapi menjadi pengalaman berharga. “Kendala yang dialami antara lain kesulitan dalam proses melobi liputan dan mencari waktu untuk wawancara, serta agak kesulitan untuk mencari berita apa yang menarik,” katanya yang dibenarkan Pemimpin Perusahaan Mutiara Perwita Sari.

Dalam sambutannya Wakil Dekan 1 FKIP UMM Dr. Sugiarti, M.Si mengatakan, PKL Jurnalistik yang setiap tahun berhasil menghasilkan produk koran tidak hanya mengasah kemampuan akademik. Lebih dari itu, juga melatih sikap dan keterampilan mahasiswa. “Di program ini anda dilatih dengan kepemimpinan. Meskipun calon guru sikap kepemimpinan dan keterampilan jurnalistik itu dibutuhkan,” katanya.

Menurutnya, menghasilkan produk koran bukan urusan mudah. Butuh perjuangan yang besar. Butuh manajemen yang bagus. Dan itu tidak mudah. Harus dibangun dengan komunikasi dan kolaborasi yang baik. Jika tidak, produk tidak akan berhasil. “Di sinilah kalian dilatih untuk mampu bekerjasama dan membangun komunikasi. Baik antar teman di internal tim, maupun dengan pihak luar,” ucapnya.

Selain itu, kreativitas dan daya kritis mahasiswa juga dilatih. Karena untuk menghasilkan produk berita yang bagus dibutuhkan kreativitas. Sehingga hasilnya tidak biasa-biasa saja. “Dengan literasi yang bagus akan membuat kita menjadi cerdas, kreatif dan kritis,” pungkasnya.(imm/adv/lim)

NOMINASI PENGANUGERAHAN
PKL JURNALISTIK PBI UMM 2020
16 JANUARI 2024

  1. JUDUL BERITA TERBAIK
    • Piu-Piu Slogan Tren Para Ngabers (Mekamotif)
  2. BERITA TERBAIK
    • Inspiratif, Satu Tahun Tiga Novel (Lia/Jhanasena)
  3. WARTAWAN BERBAKAT
    • Diana Krismawati (Warsamara)
  4. FOTO TERBAIK
    • Foto Berita Hutan Pinus (Rezky Wanda Emputi Wahyudi/Warsamara)
  5. FOTOGRAFER BERBAKAT
    • Inggrid Valentina/Gourmet (Foto Seblak Geboy)
  6. RUBRIK TERBAIK
    • Aksana
  7. PJ RUBRIK BERBAKAT
    • Fera Rahayu (Sandaya)
  8. NAMA RUBRIK TERKREATIF
    • Bisance
  9. FOTO RUBRIK TERKECE
    • Berani
  10. MARKETING IKLAN BERBAKAT
    • Jenny Umro’atur Rosida (Aksana)
  11. MARKETING KORAN BERBAKAT
    • Garin Ramadhan
  12. VIDEOGRAFI TERKREATIF
    • Mekamotif

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img