spot_img
spot_img

Kolonel Pnb Fairlyanto Jabat Danlanud Abd Saleh

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Setelah dua puluh bulan menjabat, akhirnya posisi Danlanud Abd Saleh yang sebelumnya dijabat Marsma TNI Zulfahmi,S.Sos., M.Han digantikan Kolonel Pnb. Fairlyanto, S.E., M.A.P. Upacara serah terima jabatan tersebut dilakukan pada Senin (23/1) di Taxy Way Skadron Udara 32 Wing 2 Lanud Abd. Saleh.

Upacara serah terima jabatan (sertijab) yang diikuti seluruh personil jajaran Lanud Abd Saleh beserta tamu undangan terdiri dari beberapa pimpinan wilayah di Jawa Timur tersebut dipimpin Pangkoopsud II Marsda TNI Widyargo Ikoputra,S.E.,M.M.,CIQaR.

“Pelantikan Danlanud Abd Saleh ini merupakan suatu kondisi dimana di lingkungan militer seperti itu, ada tour of area dan tour of duty. Kita ketahui bersama Marsam TNI Zulfahmi sudah menjabat sebagai Danlanud selama 20 bulan. Oleh pimpinan sudah dipikirkan dan ini sudah waktunya untuk regenerasi,” kata Pangkoopsud II Marsda TNI Widyargo Ikoputra, S.E.,M.M., CIQaR kepada wartawan selepas upacara sertijab.

Menurutnya, tour of area dan tour of duty ini merupakan suatu hal yang baik. Pasalnya Marsma TNI Zulfahmi dipindah tugaskan menjadi Irkoopsud II, sehingga ada peningkatan jabatan. Lanud Abd Saleh akan dipimpin seorang perwira tinggi bintang satu. “Sehingga sudah saatnya bagi Kolonel Pnb Fairlyanto untuk menjabat sebagai Danlanud. Harapannya pasti kinerjanya jauh lebih baik dibanding dengan Danlanud sebelumnya,” tambahnya.

Berita Lainnya:  Wabup Didik: Tingkatkan Sinergitas Tangani Stunting Hingga Pernikahan Dini

Menurutnya, Lanud Abdulrachman Saleh sebagai pangkalan udara memiliki letak yang strategis. Berada di tengah-tengah benteng alam berupa gunung, mulai dari Gunung Bromo dan Semeru di timur, Gunung Arjuno di utara, Gunung Panderman di barat. Sehingga tentu memiliki nilai keuntungan dalam segi pertahanan udara, yakni membuat sulitnya terdeteksi lawan di udara.

“Kedudukan Lanud Abd Saleh yang strategis dan vital tersebut akan memberikan dampak pada keunggulan dalam penyelenggaraan berbagai penerbangan, pembinaan dan kerjasama bilateral. Khususnya dibidang pengamanan wilayah udara,” tutur Pangkoopsud II Marsda TNI Widyargo Ikoputra.

Hal tersebut menjadikan Lanud Abd Saleh menjadi tuan rumah dalam latihan bersama antara TNI AU dengan US PACAF dengan sandi “Cope West mobility Air Force” tahun 2022. Sehingga dengan adanya keuntungan tersebut menghimbau kepada Komandan dan seluruh prajurit untuk dapat memanfaatkan sebaik-baiknya.

Berita Lainnya:  Wabup Didik: Tingkatkan Sinergitas Tangani Stunting Hingga Pernikahan Dini

“Kita harus bisa memanfaatkan berbagai keuntungan-keuntungan yang didapatkan dalam berbagai kesempatan sekaligus tantangan yang nantinya akan dihadapi. Sehingga kita bersama-sama turut mendukung terwujudnya TNI AU menjadi Angkatan Udara yang disegani di kawasan,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Pangkoopsud II Marsda TNI Widyargo Ikoputra juga menyampaikan ucapan terimakasih atas dedikasi, loyalitas, inovasi dan pengabdian yang telah diberikan oleh Marsma TNI Zulfahmi selama menjabat sebagai Komandan Lanud Abd Saleh. “Saya melihat hingga saat ini, Lanud Abd Saleh telah dapat melaksanakan seluruh tugas dan tanggung jawab yang diberikan dengan baik. Sehingga pesan saya kepada Danlanud yang baru untuk tetap menjaga komunikasi, sinergitas serta kerja sama yang telah terbangun,” pungkasnya. (adm/udi)

BERITA LAINNYA