.
Monday, December 16, 2024

Perkuat Implementasi Program Smart City

Kota Malang Raih Penghargaan Best Smart Branding

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Inovasi yang dilakukan Pemkot Malang dalam branding Kota Malang mendapatkan prestasi tingkat nasional. Kamis (17/11) kemarin, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang meraih prestasi di ajang Indonesian Smart Nation Awards (ISNA) 2022 kategori Best Smart Branding untuk kota dalam gelaran ISNA ke-5, di ICE BSD Tangerang.

Prestasi itu buah manis dari  implementasi pengembangan Malang Kota Cerdas yang inovatif yang dilakukan Pemkot Malang, salah satunya melalui strategi mewujudkan Malang Heritage dengan menghidupkan kawasan Kayutangan.

BANGGA:  Wali Kota Malang Sutiaji meraih plakat penghargaan Smart Branding dalam  Indonesian Smart Nation Awards (ISNA) 2022.(Humas for MPM)

“Kami ucapkan terima kasih, penghargaan bagi kami adalah pemacu untuk mendorong agar lebih maju. Inovasi bagi kami menjadi keharusan karena dunia terus berkembang. Tuntutan masyarakat terus menuntut kita untuk smart dan inovatif,” kata Sutiaji yang hadir bersama Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang, Muhammad Nur Widianto, S.Sos.

Orang nomor satu di Pemkot Malang itu menilai enam komponen smart city yaitu Smart Governance, Smart Economy, Smart Living, Smart Environment, Smart Society dan Smart Branding menjadi poin penting dalam mewujudkan smart city.

BEST SMART BRANDING: Wali Kota Malang Sutiaji (tiga dari kiri) bersama para kepala daerah yang meraih penghargaan Best Smart Branding, yakni Kota Makassar, Kota Bogor, Kota Denpasar, Kota Madiun, dan Kota Cimahi.

Langkah Pemkot Malang untuk mewujudkan wilayahnya sebagai smart city salah satunya ditekankan terkait pariwisata dengan pengembangan Kota Malang sebagai Malang Heritage Tourism dari segi smart branding.

“Kota Malang telah memiliki perencanaan induk kota cerdas yang telah ditetapkan dalam peraturan kepala daerah. Di mana lebih dari 50 persen program di masing-masing enam komponen smart city tersebut berjalan sesuai rencana yang telah disusun. Misalnya, dalam dimensi smart branding salah satu programnya melalui Malang Heritage Tourism yaitu Kayutangan Heritage,” tambahnya.

KEBERSAMAAN: Wali Kota Malang Sutiaji (duduk tengah) bersama para penerima penghargaan dan penyelenggara serta dewan juri.

Sementara itu CEO Citiasia, Inc. Fitrah R. Kautsar, menyampaikan ada 29 daerah dari 514 Kabupaten/Kota se-Indonesia turut mendapatkan anugerah dalam ISNA 2022 dalam berbagai kategori. Kota Malang mendapat penghargaan Best Smart Branding bersama dengan Kota Makassar, Kota Bogor, Kota Denpasar, Kota Madiun, dan Kota Cimahi.

“Penghargaan ini diberikan berdasarkan riset komprehensif yang dilakukan menggunakan data 2020-2022, dari berbagai data primer yaitu survei masyarakat dan survei pemerintah daerah. Data tersebut dilengkapi dengan analisis dari hasil Innovation Government Awards (IGA), Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP), dan analisis Masterplan Smart City kabupaten/kota,” jelasnya.

ISNA 2022 yang digelar secara luring mengangkat tema pemulihan pasca pandemi (Covid-19). ISNA merupakan acara dwi tahunan sejak 2015. Aacar ini ditujukan untuk memberikan penghargaan kepada Kota/Kabupaten yang inovasinya memberikan dampak secara luas kepada masyarakat, diantaranya pada sektor dan aspek pariwisata, perbaikan iklim usaha, ekonomi kreatif, pengembangan UMKM, serta ekonomi digital.

“Adapun parameter yang digunakan dalam penilaian antara lain adalah terkait pasca implementasi (manfaat, keberlanjutan, akuntabilitas), implementasi (pembiayaan, kemitraan/kolaborasi, adopsi teknologi), perencanaan (kesesuaian dengan dokumen perencanaan), serta profil inovasi (kreatifitas dan keunikan),” terangnya.

Dalam penilaian dan penganugerahan ISNA 2022, Citiasia melibatkan panel ahli sebagai dewan juri, yaitu Dr. Ir. Cahyana Ahmadjayadi (Senat Telkom University), Dr. Ashwin Sasongko (Badan Riset dan Inovasi Nasional atau BRIN), Farid Subkhan (Digital Business Subject Matter), Berly Martawardaya (Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia), Fitrah R Kautsar (CEO Citiasia Inc), Hari Kusdaryanto (CIO Citiasia Inc). (*/aim)

Bagian Humas Setda Kota Malang

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img