spot_img
Thursday, February 22, 2024
spot_img

KPU Kota Batu Gelar Simulasi Pemungutan Suara, Coblos Cukup 3 Menit

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, KOTA BATU – Ratusan warga Dusun Cangar, Desa Bulukerto, Bumiaji antusias berbondong-bondong memadati Aula Balai Dusun Cangar, Rabu (31/1) kemarin. Kedatangan mereka bertujuan untuk berpartisipasi dalam simulasi pemungutan suara di TPS 03 yang diselenggarakan KPU Kota Batu.

Dalam teknis pelaksanaannya, satu persatu warga memasuki TPS. Selanjutnya mereka mengisi daftar hadir dan duduk secara tertib. Disisi lain, petugas KPPS memanggil satu persatu warga dan memberikan surat suara simulasi.

Kemudian para pemilih menuju bilik suara dan mencoblos serta diakhiri dengan pemilih mencelupkan jari ke tinta sebagai tanda telah menggunakan hak pilihnya. Dari pelaksanaan teknis tersebut, terhitung setiap pemilih memiliki waktu 2,5 – 3 menit untuk seluruh proses.

Anggota KPU Kota Batu Divisi Teknis Penyelenggaraan, Erfanudin mengatakan bahwa kegiatan simulasi pemungutan suara ini dikonsep sesuai tata cara Hari Pemungutan Suara pada 14 Februari 2024. Ada undangan yang diberikan kepada warga H-1 simulasi.

“Dalam pelaksanaan simulasi yang kami gelar didesain mirip dengan tara cara pemungutan suara nanti. Ini agar masyarakat benar-benar mengetahui proses pemungutan suara. Selain itu untuk melihat kesiapan anggota kami (KPPS.red) melaksanakan tugas,” ujar Erfan kepada Malang Posco Media.

Lebih lanjut, dengan simulasi diharapkan dapat memberikan gambaran terkait tantangan dan kendala apa saja yang mungkin dihadapi di TPS. Sehingga ke depan bisa menjadi bahan evaluasi sekaligus antisipasi KPU dan seluruh badan ad-hoc di bawah koordinasinya.

“Kendala (simulasi) saat ini adalah mobilisasi pemilih menuju tempat pemungutan suara (TPS). Kalau dari kesiapan petugas, Linmas, sarana dan prasarana di TPS sudah siap,” sebutnya.

Ia berharap adanya kegiatan simulasi ini bisa menjadi sosialisasi yang baik kepada masyarakat menghadapi pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 yang menyisakan waktu 13 hari.

“Harapannya ini bisa diketahui secara publik, bagaimana mekanisme memberikan pilihan, surat suara apa yang akan diterima, lima surat suara, empat surat suara (atau kurang) sesuai dengan (kriteria) DPT, DPTb, atau DPK,” imbuhnya.

Setelah proses pemungutan selesai, kegiatan simulasi akan dilanjutkan dengan penghitungan suara, tata cara penulisan hasil di atas kertas plano, dan scanning hasil menggunakan SIREKAP. (eri)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img