MALANG POSCO MEDIA, MALANG – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus berkomitmen untuk senantiasa mendukung bagi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Bentuk nyata tersebut diwujudkan salah satunya adalah melalui pemberdayaan kelompok binaan atau klaster binaan.
Guna memberikan pelayanan yang lebih prima kepada para klaster binaan, BRI bekerjasama dengan PT Lembah Hijau meluncurkan Localoka, yakni showcase yang menampilkan produk para klaster usaha serta UMKM binaan BRI. Kegiatan launching Localoka untuk Regional Office Malang digelar Selasa (21/2) di area parkir kantor RO BRI Malang.

“Kami telah meresmikan satu tempat yang dijadikan sebagai pameran sekaligus menjual berbagai barang-barang produk dari klaster binaan dari teman-teman BRI, Localoka. Semua klaster binaan bisa menyuplai barang dan produk hasil mereka ke Localoka yang kemudian akan dijual ke masyarakat,” ungkap Regional CEO BRI Malang, Mochamad Suratin kepada wartawan, Selasa (21/2), selepas peresmian gerai Localoka.
Dia menjelaskan, kerjasama yang dibangun antara BRI dengan PT Lembah Hijau merupakan bagian dari journey pemberdayaan BRI yang akan menjadi agregator pemasaran produk klaster usaha binaan. “Dengan mengkonsolidasi mereka, bertahap mulai dari mini pameran yang digelar secara rutin setiap bulannya, diharapkan secara bertahap para pelaku UMKM ini sudah menyiapkan untuk dapat memasukan barangnya ke Localoka,” ungkapnya.
Pada kegiatan tersebut, turut hadir pula para UMKM binaan BRI yang masing-masing mendirikan tenan bazar sebanyak 30 peserta. Sedangkan untuk total keseluruhan dari klaster usaha binaan BRI Regional Office Malang sudah mencapai 1.750 klaster usaha. Mereka telah mendapatkan berbagai pemberdayaan dari BRI langsung, di antaranya berupa pelatihan, pengolahan dan promosi usaha.
“Teman-teman dari klaster usaha binaan BRI juga mengikuti bazar UMKM. BRI tidak hanya memberikan pembiayaan ataupun pendampingan bagi para pelaku UMKM, namun juga menyiapkan tempat untuk memasarkan produk-produk hasil olahan mereka kepada masyarakat,” tuturnya
Gerai Localoka sendiri dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB. Terdapat berbagai jenis produk yang di jual di Localoka, mulai dari makanan, buah-buahan hingga kerajinan tangan.

“Selain dapat membeli langsung dengan datang ke gerai Localoka yang beralamatkan di Jalan Martadinata, tepatnya di halaman BRI RO Malang, konsumen juga dapat membeli melalui aplikasi yang sudah kami sediakan, yakni Localoka yang sudah tersedia di Playstore dan Appstore,” jelasnya.
Dia menegaskan, untuk sistem pembayaran sudah tidak dilakukan secara manual atau menggunakan uang kertas, namun cashless. Salah satu tujuannya untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat luas mengenai transaksi non-tunai. “Kami ingin memberikan edukasi kepada nasabah pada umumnya maupun pembeli, untuk pembayaran yang dilakukan di Localokal secara cashless atau non-tunai. Kami mencoba menunjukan kepada masyarakat, penggunaan QRIS atau kartu ini terbukti jauh lebih aman dan bisa dimonitor setiap saatnya,” kata Suratin.
Ia berharap dengan adanya Localoka sebagai wadah bagi para pelaku UMKM untuk dapat terus memiliki jaringan dan pemasaran yang lebih luas di lingkungan sekitarnya. Sehingga tentu menjadi upgrading tersendiri bagi para pelaku UMKM. “Sehingga melalui Localoka ini perjalanan bisnis UMKM Indonesia untuk semakin tangguh, berdaya saing dan dikenal oleh masyarakat luas,” ujarnya.
Pembukaan dan peresmian Localoka di Malang ini merupakan tempat kedua, setelah sebelumnya diresmikan di gedung pusat Jakarta. “Keberhasilan pembukaan gerai localoka yang ada di Jakarta salah satunya juga di suplai berbagai produk yang berasal dari Malang. Sehingga banyak produk-produk klaster Malang di Localoka yang ada di Jakarta,” jelasnya.
Menurutnya, Malang sendiri banyak memiliki potensi yang unggul dari berbagai jenis komoditas, mulai dari buah-buahan, sayur-sayuran hingga berbagai jenis kerajinan yang lainnya. Kesuksesan pembukaan Localoka di Jakarta menjadi motivasi untuk membuka gerai yang kedua di BRI RO Malang.
“Kami lihat Malang punya potensi, jadi mengapa tidak dinuka di sini saja untuk daerah Malang, tanpa harus bingung-bingun untuk mencari suplai dari berbagai produk yang nantinya akan didisplay di Localoka,” pungkasnya.
Sebagai informasi BRI RO Malang berkomitmen untuk terus melakukan pemberdayaan terhadap UMKM, salah satunya dalam bentuk pembiayaan. Sepanjang 2022 yang lalu penyaluran kredit BRI RO Malang tumbuh 11,86% secara year on year. Penyaluran kredit kepada UMKM ini akan terus didorong, sebagai upaya BRI untuk membuka lapangan pekerjaan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (adm/adv/nda)