spot_img
Thursday, July 25, 2024
spot_img

Lemkapi Apresiasi Kapolresta Malang Kota, Sukses Optimalkan Peran Polisi RW Melalui Program SIMPONI

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Apresiasi kembali mengalir ke Polresta Malang Kota, atas inovasi pelayanan kepada masyarakat Kota Malang. Kali ini Lembaga Kajian Strategis Kepolisian (Lemkapi) memberikan penghargaan dalam Presisi Award 2023 kepada Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto yang telah memaksimalkan fungsi Polisi RW, Kamis (31/8).

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Direktur Eksekutif Lemkapi Dr Edi Hasibuan, SH., M.H di Mapolresta Malang Kota. Penghargaan ini disematkan kepada pria yang akrab disapa Buher itu, karena sukses melahirkan inovasi SIM Polisi RW Melayani yang disingkat SIMPONI.

- Advertisement -

“Setelah kami mengecek melalui pemberitaan serta dari berbagai sumber informasi, SIMPONI ini hanya ada Polresta Malang Kota. Hal ini menunjukkan bahwa peran Polisi RW di masyarakat itu bisa dirasakan dengan baik,” jelasnya.

Tidak bisa dipungkiri, bahwa program layanan SIMPONI ini berhasil membantu para pemohon SIM khususnya para pemula. Bahkan ini bisa mendorong ketertarikan masyarakat semakin tinggi, hingga sukses menarik animo 10 pemohon SIM melalui SIMPONI per harinya.

Ia menyebutkan bahwa polisi itu memilik peran penting di dalam membantu, melayani, menolong dan mengayomi masyarakat. Penghargaan ini sebagai bukti bahwa kualitas menjadi penolong masyarakat yang baik, sesuai dengan program Kapolri.

“Bagaimana masyarakat merasakan peranan Polisi RW secara nyata. Tadi kalau kami melihat, bagaimana mereka (pemohon SIM) dibantu oleh Polisi RW. Hingga kemudian mereka mendapatkan SIM tidak susah-susah,” ujarnya.

Selain SIMPONI ia juga mengapresiasi inovasi Jogo Malang Presisi, yang merupakan pengembangan dari Panic Button on Hand (PBOH). Inovasi yang kala itu dicetuskan oleh Brigjen Pol Singgamata yang masih berpangkat AKBP, saat menjabat Kapolres Malang Kota.

Inovasi itu, juga merupakan pematangan dari Aplikasi Jogo Malang yang digagas oleh Kapolresta Malang Kota sebelumnya, Kombes Pol Leonardus Simarmata. Kini aplikasi itu semakin kompleks dan lengkap.

Berbagai layanan, mulai dari PBOH, SPKT, Satreskrim, hingga informasi kuliner dan wisata di Kota Malang sudah lengkap. Tidak terlewat terkait informasi mengenai Polisi RW setempat, di setiap wilayah RW di Kota Malang.

Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto mengatakan, bahwa ini adalah apresiasi yang sangat luar biasa. Dirinya yang bekerja sebagai seorang Kapolresta Malang Kota, tidak bisa mengukur tingkat kebaikan performa layanan yang diberikan.

Namun, adanya apresiasi dari pihak eksternal, menjadi bukti penting. Terkait bagaimana pelayanan publik yang ada diselenggarakan dengan baik oleh Polresta Malang Kota.

“Ini adalah tantangan bagi Kapolresta Malang Kota selanjutnya. Bagaimana melanjutkan program yang sustainable atau berkelanjutan, seperti indikator penilaian oleh Kemenpan-RB,” jelasnya.

Sembari mengucap terimakasih atas apresiasi yang telah diberikan, ia juga kembali mengingatkan visi penting sebagai seseorang khususnya pejabat publik. “Tidak perlu menjadi hebat, tetapi jadilah bermanfaat,” pungkas Kombes Buher. (rex/jon)

- Advertisement - Pengumuman
- Advertisement -spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img