MPM – DOKUMEN KAI DAOP 8 SURABAYA
RAMAI PELANGGAN : Kenaikan jumlah pelanggan KAI selama Libur Nasional Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriah.
MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Libur peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriah, dimanfaatkan masyarakat untuk berpergian dan menikmati waktu bersama keluarga. Salah satu moda transportasi yang dimanfaatkan oleh masyarakat yakni Kereta Api (KA). Tercatat sebanyak 15.207 pelanggan menggunakan KA jarak jauh dari wilayah KAI Daop 8 Surabaya hingga Rabu (27/9).
Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan, bahwa jumlah tersebut naik sebesar 35 persen. Ada penambahan sebanyak 3.680 pelanggan, dari hari biasanya.
Selama libur akhir pekan ini, KAI Daop 8 Surabaya mencatat ada sebanyak 55.912 tiket yang dipesan pelanggan. Mereka terdata akan melakukan perjalanan menggunakan KA jarak jauh, mulai jadwal keberangkatan Rabu (27/9) hingga Minggu (1/10).
“Jumlah pelanggan saat ini yang melakukan pemesanan tiket, masih akan terus bertambah. Seiring berjalannya waktu, apalagi momen ini bertepatan libur Maulid Nabi Muhammad SAW dan libur akhir pekan,” ujarnya.
Ia menambahkan, KAI Daop 8 Surabaya juga mengoperasikan armada tambahan. Ada dua armada yakni KA Arjuno Ekspres relasi Malang–Surabaya Gubeng Pergi-Pulang (PP).
Hal ini demi manjakan masyarakat, selama libur panjang akhir pekan ini. KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan total 46 keberangkatan KA jarak jauh.
“Para pelanggan tersebut didominasi tujuan arah Semarang, Jakarta, Yogyakarta, Bandung, dan Jember, Banyuwangi,” beber Luqman.
Mewakili pihak KAI Daop 8 Surabaya, Luqman turut mengucapkan terima kasih kepada pelanggan setia KAI. Karena memercayakan perjalanannya menggunakan transportasi KA, selama masa libur panjang.
Kendati demikian, Luqman mengimbau kepada seluruh pelanggan agar memperhatikan kembali jadwal keberangkatan KA. Selain itu, juga tetap mematuhi seluruh peraturan dalam menggunakan transportasi KA.
“Baik itu larangan merokok selama diatas KA, melebihi relasi tujuan dari yang tertera pada tiket, maupun mematuhi ketentuan barang bawaan,” imbaunya.
Apabila kedapatan melanggar, petugas KAI tidak segan menindak tegas karena dapat mengganggu kenyamanan pelanggan lainnya. Pihak KAI akan memberikan sanksi pada pelanggan yang melanggar aturan sesuai peraturan dan ketentuan dari PT KAI.
“Kami senantiasa berkomitmen untuk menciptakan perjalanan yang selamat, aman, dan nyaman bagi para pelanggan. Salin itu, juga akan terus beradaptasi dalam menciptakan kenyamanan, serta menghadirkan berbagai inovasi. Tentunya untuk selalu memenuhi kebutuhan pelanggan, dalam menggunakan transportasi KA,” tandasnya. (rex/jon)