spot_img
Saturday, June 22, 2024
spot_img

Libur Panjang, Hotel Panen

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Mei Bulan Ceria Hotel di Kota Malang

MALANG POSCO MEDIA– Binis hotel di Kota Malang panen di libur panjang pekan ini. Tingkat okupansi hotel sudah lebih dari 80 persen.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Malang Agoes Basoeki mengungkapkan, kondisi hotel di Kota Malang beragam tingkat keterisiannya. Mulai dari 70 persen hingga 95 persen pada  long weekend  kali ini. Beberapa hotel di Kota Malang bahkan dilaporkan telah penuh pemesanan. Baik untuk hotel bintang satu hingga bintang lima.

“Untuk liburan panjang sampai sejauh ini pemesanan sudah lumayan. Rata-rata tingkat okupansi hotel itu sudah 70 persen lebih. Sebagian hotel bahkan penuh pemesanan,” ungkap Agoes kepada Malang Posco Media, Jumat (10/5) kemarin.

Berdasarkan laporan yang ia terima, rata-rata wisatawan  yang menginap menggunakan jasa perhotelan  didominasi oleh keluarga dan rombongan. Ditengarai, kebanyakan mereka menginap ke Kota Malang dalam rangka berwisata.

“Rata-rata masih wisatawan lokal (Jawa Timur). Mereka menginap satu sampai dua hari. Besok (hari ini) itu diperkirakan puncaknya, diperkirakan banyak yang pesan mendadak. Jadi tingkat okupansi masih bisa naik signifikan,” tambah Agoes.

Menurut Agoes, bulan Mei  menjadi salah satu waktu yang dinantikan oleh para pelaku perhotelan. Sebab, banyak hari hari libur dan hari cuti yang menyebabkan masyarakat bisa memanfaatkanya untuk berwisata.

Misalnya seperti akhir bulan ini, masih ada libur panjang memperingati Hari Raya Waisak. Disamping juga ada event olahraga yang bakal dihadiri oleh peserta dari berbagai daerah yang diselenggarakan di Stadion Gajayana akhir bulan nanti.

“Memang tidak bisa sampai mengalahkan okupansi saat lebaran atau pergantian tahun. Tapi paling tidak momen- momen seperti ini ekonomi bisa bergerak dan memberi multiplier effect (dampak berganda) ke semua aktivitas ekonomi masyarakat,” tandasnya.   

Beberapa hotel seperti Harris Malang, Grand Mercure, dan Ibis Styles mengalami peningkatan kunjungan yang signifikan. Marketing and Brand Manager Harris Hotel, Aditya K. menyebutkan tingkat okupansi pada libur panjang akhir pekan (long weekend) kali ini mencapai rata-rata harian 85-90 persen.

“Puncaknya di hari Jumat (10/5) ini okupansi Harris Malang mencapai 99 persen. Hanya tersisa dua kamar saja,” terangnya kepada Malang Posco Media.

Selanjutnya Aditya menyebutkan bahwa kunjungan tamu didominasi oleh masyarakat Jawa Timur, khususnya Surabaya raya seperti Surabaya, Sidoarjo, Gresik, dan sekitarnya.

Menurut dia, kunjungan tak hanya dari personal dan rombongan keluarga. Ada juga rombongan dari korporasi yang sedang mengadakan event karyawan.

“Untuk demografi tamu kali ini didominasi oleh pengunjung dengan family dan hampir separuh oleh rombongan korporasi,” tuturnya.

Untuk menyikapi adanya libur pajang akhir pekan tersebut, pihak Harris Malang menyiapkan sejumlah penawaran menarik. Seperti memberikan promo. spesial dan menyiapkan berbagai macam aktivitas menarik untuk anak-anak tamu yang menginap.

“Menyikapi libur long weekend tentunya kami membuat berbagai macam promosi. Seperti weekend deals, promo kamar dengan paket makanan dan promo untuk member Ascott Star Rewards. Kami juga menyiapkan permainan-permainan yang sangat menarik oleh team sport and recreation,” lanjutnya.

Sementara itu, General Manager Grand Mercure Malang Mirama Sugito Adhi menyebutkan okupansi selama long weekend ini rata-rata mencapai 95 persen. Adapun mayoritas tamu yang berkunjung berasal dari  Surabaya dan Jakarta.

“Untuk segmen tamu sejauh ini kebanyakan adalah family,” tuturnya.

Menyikapi long weekend tersebut Grand Mercure memberikan sejumlah penawaran menarik. Ada promo Happy Tummy mulai dari Rp 1.348.000/nett/malam di tipe Kamar Deluxe yang sudah termasuk sarapan dan pilihan salah satu menu untuk makan malam.

“Pastinya ada kegiatan Guest Actvities mulai dari Aviary, Harvesting, ATV, Cosplay Dance serta fasilitas kolam renang air hangat menjadi salah satu destinasi utama yang ada di Grand Mercure Malang Mirama,”  ujarnya.

Sementara itu, Hotel Ibis Styles juga mengalami okupansi yang tinggi. General Manager Ibis Styles Ina Rianawati menyebutkan selama long weekend ini  okupansi mencapai 96-100 persen. Kunjungan terbanyak merupakan keluarga dan rombongan. Ibis Styles pun menyediakan permainan menarik untuk anak-anak tamu yang berada di lokasi side pool.

Kunjungan tamu terbanyak berasal dari tamu domestik. Banyak pula tamu dari Jakarta yang melewati jalan darat, dan juga dari kota-kota di Jatim.

 “Selain itu ada empat persen tamu dari Eropa, empat persen  tamu dari Asia,” terangnya. (ian/mg1/van)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img