spot_img
Friday, August 1, 2025
spot_img

Lihat Peluang

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Ketangguhan dalam melihat peluang menjadi kunci sukses bagi Sugiantono, pemilik Keripik Tempe Tono di Kota Malang. Pengusaha yang telah menekuni usaha keripik tempe sejak tahun 1990-an ini menyebut, tantangan bisnis olahan tempe bisa diatasi dengan kesiapan dan kreativitas.

“Salah satunya melihat peluang untuk mau berkembang. Jika dulu jual keripik tempe rasa original saja, ke depan harus berpikir varian apa lagi. Makanya saat ini banyak varian keripik tempe yang lain yang kami jual,” papar Tono, sapaan akrabnya.

Berbasis di kawasan Jalan Pisang Agung Kota Malang, sentra produksi keripiknya kini menawarkan hingga 21 varian rasa keripik tempe. Meski terus berinovasi, Tono tetap menjaga keaslian cita rasa khas Malang dalam setiap produknya.

Ciri khas itu, kata Tono, ada pada tekstur keripik yang renyah, rasa gurih, dan aroma khas daun jeruk yang melekat. Keunggulan tersebut menjadi kekuatan utama usahanya hingga kini.

Lebih dari sekadar menambah varian, Tono juga menatap pasar ekspor sebagai peluang yang tak bisa diabaikan.
“Karena peluang itu di mana saja untuk mengembangkan bisnis. Mulai kami kembangkan varian rasa sampai kami kembangkan dikirim ke luar negeri juga bisa,” pungkasnya optimistis.

Keripik Tempe Tono pun menjadi salah satu bukti bahwa inovasi produk lokal mampu menjangkau pasar global tanpa kehilangan identitas rasa khasnya. (ica/aim)

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img