MALANG POSCO MEDIA, KOTA BATU – Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Kota Batu terus menggeliatkan cinta dan bangga produk lokal dengan menggelar event bertajuk ‘Lokalisme 2024’ di Pasar Induk Among Tani Kota Batu, Selasa (6/8) kemarin.
Dalam event yang berlangsung tiga hari, 6-9 Agustus tersebut bertujuan untuk mengajak masyarakat dan seluruh OPD Pemkot Batu menggunakan produksi dan konsumsi barang lokal. Selain itu untuk menumbuhkan identitas lokal, merawat perilaku dan budaya lokal.
Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai yang turut hadir menyampaikan bahwa event bertajuk ‘Lokalisme 2024’ ini adalah bagian dari upaya bersama untuk menguatkan sektor produk dalam negeri.
“Ini adalah komitmen kami untuk menggeliatkan berbagai produk yang dihasilkan oleh pelaku usaha di Kota Batu dikonsumsi sendiri oleh masyarakat, khususnya OPD di Pemkot Batu. Apalagi saat ini produk-produk dari Kota Batu sangat luar biasa dan berkualitas,” ujar Aries.
Kepala Dinas Pendidikan Jatim ini mencontohkan bahwa secara pribadi, apa yang ia kenakan menggunakan produk dari Kota Batu. Mulai dari udeng, batik hingga berbagai produk lainnya.
“Dengan menggunakan produk lokal, artinya kami menjadi bagian untuk pendukung produk tersebut terus berkembang dan meningkatkan kesejahteraan pelaku UKM lokal. Apalagi acara ini juga sebagai forum untuk membuka peluang kerja dan konsultasi dengan pelaku ekonomi kreatif,” bebernya.
Berbagai kegiatan menarik juga diselenggarakan, termasuk e-Purchasing Awards, Business Matching #2, talkshow dan pameran Pentahelix Inisiatif, Kolaborasi, Inovasi, Expo Ekonomi Kreatif, pameran UMKM dan Market Fair.
Ditambahkan Kepala BPBJ Kota Batu Dian Fachroni bahwa dalam acara ini juga dilaksanakan e-Purchasing Awards dan talkshow tentang kebijakan e-purchasing. Untuk e-Purchasing Awards, Diskominfo Kota Batu keluar sebagai peringkat 1, BPBD peringkat 2, DLH peringkat 3, Dishub peringkat 4 dan BPBJ peringkat 5.
“e-Purchasing Awards ini merupakan penghargaan bagi OPD yang realisasi rasio indeks belanja melalui e-katalog lebih tinggi dari perencanaan belanja di tahun 2023. Tahun ini kami juga akan masukkan belanja katalog untuk bidang konstruksi,” imbuhnya.
Melalui ‘Lokalisme 2024’ pihaknya berharap menjadi wujud nyata dari rasa bangga memakai produk lokal dengan kolaborasi antara berbagai pihak untuk mendorong ekonomi kreatif di Kota Batu. (eri/lim)