spot_img
spot_img
Sunday, April 14, 2024
spot_img
spot_img

Mahasiswa Universitas Ma Chung; Raih Kesempatan Belajar Di University of Nevada AS

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Mahasiswa Program Studi Farmasi, Universitas Ma Chung, Rizal Bing Garumal Indianata, menerima beasiswa short course dari Kedutaan Amerika Serikat (AS). Kesempatan tersebut diperoleh melalui program The Study of the United States Institute for Student Leaders (SUSI) Tahun 2024. Program ini memberikan kesempatan kepada Rizal untuk mengikuti pertukaran pelajar di University of Nevada, Reno (UNR), AS, selama satu bulan mulai 22 Juni hingga 25 Juli 2024 mendatang.

Program SUSI merupakan program short course bergengsi yang diselenggarakan oleh pemerintah AS untuk mahasiswa dari seluruh dunia. Program ini merupakan program yang istimewa karena diberikan langsung oleh Kedutaan AS kepada universitas terpilih di dunia.

“Rizal adalah mahasiswa berprestasi yang memiliki potensi besar untuk membawa Universitas Ma Chung pada kancah Internasional. Semoga nanti akan semakin banyak prestasi-prestasi internasional lainnya,” ucap Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Ma Chung, Dr. apt. Rollando, S. Farm., M.Sc.

Rizal, juga dikenal sebagai mahasiswa yang aktif dan berprestasi, seringkali terlibat dalam kegiatan penelitian, kegiatan sukarelawan, dan penampilan seni Tari Topeng Malangan. Oleh karena itu, dengan kesempatan ini, Rizal berharap dapat memperluas dan mendalami pengetahuannya dalam bidang lingkungan dan banyak bidang lainnya.

“Mungkin sebelumnya saya hanya tahu cara mengelola limbah agar tidak berdampak negatif pada lingkungan. Namun, saya berharap nanti saya dapat belajar lebih banyak dan memperoleh pengetahuan berharga dari para pemimpin muda yang juga akan berangkat ke AS,” ungkap Rizal.

Keberhasilan Rizal ini tidak didapatkan secara instan. Berbagai proses dan tahapan dilakukan demi persiapan yang matang, mulai dari pembuatan esai hingga latihan wawancara untuk menjawab pertanyaan pewawancara dengan baik dan mengesankan.

Dia mendorong seluruh civitas akademika Universitas Ma Chung untuk turut berprestasi. “Selagi ada kesempatan, silakan mencoba untuk apply, karena kesempatan tidak datang dua kali. Kesempatan hanya datang satu kali. Jangan terlalu berpikir panjang, terutama jika kesempatan tersebut dirasa cocok dengan kita,” ungkapnya. 

Sebelumnya, dua orang mahasiswa dan alumni Universitas Ma Chung juga membawa kabar yang bahagia. Mereka adalah Vania Ashanti Kilin (mahasiswa Program Studi Sastra Inggris) dan Zahratun Khaira (alumni Program Studi Farmasi). Mereka juga turut menjejakkan kakinya ke dunia internasional.

Vania berhasil menjadi awardee beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2024, mengalahkan lebih dari 1000 mahasiswa berprestasi di Indonesia. Sedangkan Zahratun berhasil menjadi penerima beasiswa S2 Khon Kaen University (KKU) Scholarship di Thailand. (imm)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img