spot_img
spot_img

SMP Negeri 1 Singosari

Makin Semangat Ukir Prestasi

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Tidak hanya karakter, prestasi siswa SMPN 1 Singosari (Sinesa) juga mentereng. Prestasi mereka tak pernah redup. Pun saat masa-masa pandemi.

Dalam satu dua bulan terakhir saja, tercatat beberapa prestasi yang sukses mereka torehkan. Baik akademik maupun non akademik.

Di bidang akademik misalnya, ada medali perak China Mathematical Olympiad Contest 2022, Medali Emas Hongkong International Science Olympiad 2022, Medali perunggu Airlangga Champion League se-Jawa 2022, dan puluhan prestasi akademik lainnya.

“Tentu ini sangat membanggakan. Anak-anak luar biasa. Mereka juara di tingkat nasional hingga internasional,” ujar Koordinator Prestasi Akademik, Sunarti, M.Pd.

Dia menerangkan, juara merupakan bonus dari kegigihan anak didiknya dalam berkompetisi. Yang paling penting adalah pengamanan mereka berlomba. Seperti pada lomba Hongkong International Olympiad.

Berita Lainnya:  Wadah Ekspresi Siswa SMA/SMK se-Jatim

Di ajang ini, siswanya melakukan eksperimen. Dimulai dari penelitian, membuat produk, hingga membuat video. “Dari pengalaman itu anak-anak bisa mengambil pelajaran,” imbuhnya.

Kuncinya, kata Narti, adalah kesungguhan. Tim guru melakukan pembinaan secara rutin. Apalagi setelah pembelajaran diterapkan full secara luring. Banyak undangan untuk berlomba. “Kami memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk menggali potensinya,” kata dia.

Sementara di non akademik prestasi siswa Sinesa juga tidak kalah banyak. Dalam beberapa bulan terakhir, mereka Juara 2 Samurai Painting Kurobushi, Juara 2 Gaya Dada dan Juara 2 Komite -48 Putri POPDA XIII PEPARDA I Jawa Timur 2022. Selain itu juga memperoleh medali di JATIM OPEN 2022 antar perkumpulan renang se-Indonesia PRSI Jawa Timur. Yakni 2 medali emas, 5 medali perak dan 1 perunggu.

Berita Lainnya:  Ciptakan Inara Toolkit, Bantu Mahasiswa Berkebutuhan Khusus

“Kebanyakan lomba merupakan rekom pelatih. Sekolah memberikan rekomendasi dan izin kepada anak-anak untuk bisa berkompetisi supaya mental dan kreatifitas anak semakin berkembang,” ucap Koordinator Kejuaraan Prestasi Non Akademik, Novendik, S.Komp.

Waka Humas SMPN 1 Singosari
Ari Susilo, S.Pd menilai ada peningkatan produktivitas dari perolehan prestasi siswa. Terutama setelah diberlakukan full luring. Antusias siswa berlomba juga semakin meningkat. Baik yang diikuti secara mandiri maupun yang berdasarkan rekom sekolah. “Kami apresiasi, anak-anak terlihat sangat semangat. Perolehan prestasinya pun jauh meningkat dari saat pembelajaran daring,” katanya. (imm/adv)

Ikuti Juga Berita Malang Hari Ini dan Info seputar Arema FC, Arema dan Aremania di Youtube dan Tiktok Kami

BERITA LAINNYA